Citizen Reporter

Murid SDN Inpres 221 Maros Ikuti Pelatihan Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan

Murid SDN Inpres 221 Maros Ikuti Pelatihan Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan

Murid SDN Inpres 221 Maros Ikuti Pelatihan Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan
CITIZEN REPORTER
Puluhan pelajar SDN Inpres 221 Maros mengikuti kegiatan pelatihan atau workshop tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui tema “Ecobrick to Zero Waste” pada hari Jum’at, 15 November 2019. 

Murid SDN Inpres 221 Maros Ikuti Pelatihan Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan

Puluhan pelajar SDN Inpres 221 Maros mengikuti kegiatan pelatihan atau workshop tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui tema “Ecobrick to Zero Waste” pada hari Jum’at, 15 November 2019.

Workshop ini diselenggarakan oleh Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang, yang merupakan sebuah komunitas sadar wisata Rammang-Rammang, kabupaten Maros, Indonesia.

Pada kegiatan ini, siswa-siswi Sekolah Dasar diajarkan teori tentang pentingnya memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar, terutama daerah Rammang-Rammang yang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi serta bagaimana dampak sampah plastik bagi kehidupan manusia.

Pembekalan Teori dilakukan didalam kelas. Selanjutnya setelah pemberian teori, maka siswa-siswi diajak keluar kelas dengan beberapa games serta praktik pembuatan Ecobrick, siswa-siswi pun telah menyiapkan alat dan bahannya dari rumah masing-masing.

“Ecobrick merupakan salah satu alternative yang paling memungkinkan untuk dilakukan saat ini dalam mengendalikan sampah plastik yang semakin menjamur” kata Iwan Dento, ketua Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin ini telah memberikan peningkatan partisipasi siswa-siswi tentang Ecobrick dan merubah pola pikir anak melalui edukasi lingkungan dan penanaman karakter sejak dini.

Siswa-siswi di SDN 221 Rammang-Rammang merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Komunitas ini pun berharap dapat memberikan edukasi yang lebih besar lagi serta mendapat perhatian dari pemerintah setempat demi keberlanjutan kegiatan yang selama ini dilaksanakan. 

Citizen Reporter, Sutami Suparmin Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved