Citizen Reporter

Cegah Kelelahan Psikologis, Tim RISPRO Unhas Kenalkan Ini ke Karyawan Air Nav Indonesia

Cegah Kelelahan Psikologis, Tim RISPRO Unhas Kenalkan Ini ke Karyawan Air Nav Indonesia

Cegah Kelelahan Psikologis, Tim RISPRO Unhas Kenalkan Ini ke Karyawan Air Nav Indonesia
Muh Fajaruddin Natsir
Lembaga pendidikan dan pengelolaan dana (LPDP), tim RISPRO Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes melakukan Focus group Discussion (FGD) terkait Model intervensi Pengendalian Kelelahan Psikologis pada karyawan Air Traffic Controller di Indonesia untuk meningkatkan derajat kesehatan, produktivitas, dan kualitas hidup di tempat kerja, kegiatan dimulai Kamis, 14 November 2019 di Swiss-Belhotel Makassar. 

Cegah Kelelahan Psikologis, Tim RISPRO Unhas Kenalkan karyawan Air Nav Indonesia 

Dalam rangka pelaksanaan Riset inovatif produktif (RISPRO) invitasi LPDP batch 1 tahun 2019 oleh lembaga pendidikan dan pengelolaan dana (LPDP), tim RISPRO Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes melakukan Focus group Discussion (FGD) terkait Model intervensi Pengendalian Kelelahan psikologis pada karyawan Air Traffic Controller di Indonesia untuk meningkatkan derajat kesehatan, produktivitas, dan kualitas hidup di tempat kerja, kegiatan dimulai Kamis, 14 November 2019 di Swiss-Belhotel Makassar.

FGD yang melibatkan pihak Manajemen AirNav Indonesia yakni Arika Mike Wijayanti sebagai perwakilan Direktur Utama AirNav Indonesia, GM AirNav cabang Denpasar, GM AirNav cabang Lombok, GM AirNav cabang Surabaya, dan GM cabang Makassar Air Traffic Service Center dan beberapa pihak manajemen operasi dan Safety dari AirNav cabang Surabaya dan MATSC.

Selain dari manajemen, FGD ini pula dihadiri oleh pihak Asosiasi Karyawan ATC, Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) yakni perwakilan dari IATCA pusat, ketua DPC IATCA Makassar, dan beberapa anggota IATCA Makassar.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WITA yang dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unhas, Prof. Dr. Alimuddin, M.Si. Dalam sambutannya, ketua LPPM Unhas mengharapkan output dari riset ini dapat menjadi rekomendasi jitu dalam implementasinya nanti dan dapat memberi nilai plus terhadap instansi terkait.

Wakil Dekan II bidang Keuangan, Dr. Atjo Wahyu, SKM., M.Kes, Dosen K3 dan Psikologi juga turut hadir dalam FGD tersebut. Dalam FGD ini peserta diperkenalkan model intervensi terkait pengendalian kelelahan psikologis yang sering dialami oleh ATC. Dukungan dari semua pihak yang hadir memberi kekuatan tersendiri bagi tim riset untuk keberlangsungan riset nantinya.

"Pertemuan dengan GM AirNav Indonesia menjadi impian saya sejak 2012, dan hari ini riset saya telah mulai didengar oleh pihak nasional. Ucapan terima kasih untuk semua pihak yang memberi dukungan penuh terhadap riset ini, manajemen dan asosiasi ATC Indonesia. Semoga hasil riset ini bisa mnjadi salah satu penunjang safety dalam layanan navigasi penerbangan dan lalu lintas penerbangan pada khususnya", ujar Ketua riset Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes dalam sambutannya.

Peserta FGD kembali ke daerah masing-masing dihari Jum'at, 15 November 2019.

Citizen Report
Nama: Muh. Fajaruddin Natsir
Humas FKM Unhas

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved