Bank Indonesia Gelar Seminar Bahas Kebijakan Makroprudensial

Seminar ini mengangkat tema Sinergi Peran Strategis Bank Indonesia dan Lembaga Penjaminan Simpanan Sebagai Penjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesi

Bank Indonesia Gelar Seminar Bahas Kebijakan Makroprudensial
abdiwan/tribuntimur.com
Bank Indonesia bekerja sama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengggelar seminar nasional, di Maccora Ballroom The Rinra, Rabu (13/11/2019). (Abdiwan) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Bank Indonesia bekerja sama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengggelar seminar nasional.

Berlangsung di Maccora Ballroom The Rinra, Rabu (13/11/2019).

Seminar ini mengangkat tema Sinergi Peran Strategis Bank Indonesia dan Lembaga Penjaminan Simpanan Sebagai Penjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia.

Pascaledakan Bom di Medan, Polrestabes Makassar Lakukan ini

Sedih, Curhat Nirina Zubir Temukan Ibu Meninggal Dunia Saat Tidur, Permintaan Terakhir Ibu Sederhana

Seminar ini menghadirkan narasumber yakni Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makprudensial BI, Juda Agung; Chief Economist PT Bank permata,Jpshua Pardede.

Hadir juga Kepala Kantor Persiapan Penyelenggara Program Restrukturisasi Perbankan LPS, R Budi Santoso, dan Wakil Ketua Dewan Profesi dan Keahlian ISEI, Aviliani.

Juda Agung mengatakan, BI secara rutin melakukan survey ke sejumlah dunia usaha, rumah tangga, perbankan, dan sebagainya, untuk melihat prilaku mereka sebelum mengambil keputusan makroprudensial.

“Bank Indinesia melihat apakah mereka dalam konteks pemberian kredit, ekspektasi konsumen terhadap perekonomian, dan sebagainya, ini semua digunakan untuk mengambil keputusn dengan tepat.

Misalkan ekspektasi bahwa perekonomian melambat, BI bisa mengambil langkah bagaimana mencegah perlambatan perekonomian,” tutur Juda.

Ia menambahakan, di tengah kondisi perekonomian dunia yang tak ada kepastian, BI terus melakukan upaya preventif, salah satunya memangkas suku bunga yang telah dilakukan beberapa kali.

 Pascaledakan Bom di Medan, Polrestabes Makassar Lakukan ini

 Sedih, Curhat Nirina Zubir Temukan Ibu Meninggal Dunia Saat Tidur, Permintaan Terakhir Ibu Sederhana

“Dunia penuh ketidakpastian, untuk itu bagaimana kebijakan BI dilakukan preventif, kita sudah turunkan suku bunga empat kali berturut-turut.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved