CDK Bersama DKP Pangkep Gelar Bersih-bersih di Pulau Kulambing

Sudah banyak hewan-hewan laut ditemukan mati karena menelan sampah plastik, olehnya, kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan.

CDK Bersama DKP Pangkep Gelar Bersih-bersih di Pulau Kulambing
handover
Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan (DKP Sulsel) melalui Cabang Dinas Kelautan (CDK) dan DKP Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menggelar bersih-bersih pantai di Pulau Kulambing, Desa Mattiro Uleng, Kecamatan Tuppabiring Utara Kabupaten Pangkep, Minggu (10/11). 

TRIBUNPANGKEP.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan (DKP Sulsel) melalui Cabang Dinas Kelautan (CDK) dan DKP Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menggelar bersih-bersih pantai di Pulau Kulambing, Desa Mattiro Uleng, Kecamatan Tuppabiring Utara, Kabupaten Pangkep, Minggu (10/11).

Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Pangkep Moh Maja mengatakan, sudah banyak hewan-hewan laut ditemukan mati karena menelan sampah plastik, olehnya, kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan.

“Jenis sampah plastik yang sering dibuang di laut sangat berdampak dan mendominasi pencemaran lingkungan serta kerusakan biota laut, apabila tidak dikelola dengan baik lalu kemudian dibuang ke laut, akan berdampak kembali ke manusia akibat ekosistem, sebab proses pelapukan yang menjadi mikro dan nano plastik akan dimakan oleh ikan serta plankton kemudian akan dikonsumsi pula oleh manusia, “ jelasnya kepada Tribun Senin (11/11).

VIDEO: Suasana Ultah ke-3 YNCI Chapter Pangkep

Tradisi Warga Desa Alesipitto Pangkep Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Yuk Liburan di Tonasa Park Pangkep, Ada Spot Selfie Baru

Sampah plastik di wilayah laut Indonesia cukup besar bahkan pernah mencapai 1,29 juta metrik ton per tahunnya.

Masalah ini mengundang perhatian banyak pihak, banyak lembaga-lembaga dalam maupun luar negeri yang saat ini melakukan gerakan peduli sampah plastik yang ada di laut, begitu pun dengan pemerintah Indonesia.

“Mengingat makin banyaknya sampah plastik yang bertebaran di laut dan bisa berakibat rusaknya ekosistem laut, maka dari itu, kami bersama tim CDK Pangkep beserta dukungan dari Duta Maritim bersama masyarakat pulau Kulambing merasa berkewajiban turun melakukan program gerakan bersih pantai," ujar Moh Maja.(*)

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved