RILIS

Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Sipil dan Perencanaan UNM Gelar Seminar Transportasi

Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Sipil dan Perencanaan UNM Gelar Seminar Transportasi

Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Sipil dan Perencanaan UNM Gelar Seminar Transportasi
ist
Logo Universitas Negeri MAkassar

Hari Pahlawan, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNM Gelar Seminar Transportasi 

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar, menyikapi Hari Pahlawan dengan Seminar Nasional Transportasi bertemakan “Manajemen dan Inovasi Infrastruktur untuk Mewujudkan Sistem Peradaban Transportasi Berkelanjutan yang lebih baik di Era Industri 4.0”.

Pada seminar ini menghadirkan narasumber dari pakar dan praktisi transportasi yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Taufiq Mulyono, ST; MT; IPU Asean Eng. dosen Universitas Gajah Mada., Dr. Qadriathi Dg Bau, ST; M.Si; M.Pd; ATU, dosen Universitas Negeri Makassar ; serta Bapak H. Fahlevi Yusuf, S.Sos. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNM Taufiq Natsir, bahwa Pelaksana kegiatan ini adalah para mahasiswa yang bernaung dalam Himpunan Mahasiswa Sipil dan Perencanaan (HMSP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan merupakan salah satu program kerja HMSP yang juga dirangkaikan dengan kegiatan Lomba Mix Design Beton dan Kegiatan Bakti Sosial.

Taufiq Natsir juga menjelaskan bahwa “Kehadiran revolusi industri 4.0” ditandai dengan otomatisasi dan ekonomi digital yang mana akan mengakibatkan pergeseran tren tenaga kerja yang tidak lagi bergantung pada tenaga manusia, tapi pada mesin.

Hal tersebut tentu akan memberikan tantangan tersendiri bagi negara kita, terlebih pergeseran tren membutuhkan tenaga kerja jenis middle-higher skilled, bukan lagi low-skilled labour,

Ketua Jurusan PTSP ini mengemukakan juga bahwa di bidang transportasi sudah beberapa hal dilakukan menyikapi era industry 4.0 seperti transaksi jalan tol,sudah 100% Cashless, sekarang dikembangkan sistem free flow yang telah diujicobakan di Bali, pengguna bisa langsung lewat,

Sistem ini selanjutnya akan diujicobakan di tol di Jakarta dan Trans Jawa. Selanjutnya, pemasangan banyak CCTV di ruas jalan tol untuk memantau, baik kecepatan pengguna jalan dan kemacetan, dan juga dikembangkan di rest area, diterapkan artificial intelligence (AI), setiap mobil yang masuk dan keluar terdeteksi, sehingga didapatkan informasi jumlah kendaraan terparkir dan parkiran yang tersedia," dan saat ini telah dinikmati  transportasi Grab sudah menerapkan Behavior analysis bagi si pengemudi dan konsumen.

"Dengan teknologi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan si pengemudi, begitu pula para konsumen, memudahkan mereka mem-bookmark lokasi tujuan.

Seminar ini dihadiri oleh Kepala dinas perhubungan kota/kabupaten se provinsi Sulawesi Selatan, Masyarakat Transportasi, Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil, Arsitektur, Transportasi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan didukung oleh beberapa sponsor seperti dari PT. Astra Honda Motor, Yodya Karya, Kalla Toyota, Malabo Architect, Masyarakat Transportasi Indonesi, LP2INSI Yogyakarta, Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Bintang, Nasi Kuning Kang Ca’di, Studi Transprotasi Antar Perguruan Tinggi, Sipil Perencanaan Football Club, serta Celebes TV.

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved