Citizen Reporter

Tagana Masuk Sekolah di SD Kompleks Borong Makassar

Tagana Masuk Sekolah di SD Kompleks Borong Makassar. Murid mendapat literasi kebencanaan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Tagana Masuk Sekolah di SD Kompleks Borong Makassar
Citizen Reporter
Ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong, yang berkumpul di halaman upacara mendapat literasi kebencanaan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) 

Tagana Masuk Sekolah di SD Kompleks Borong

Kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Belajar Sehari di Luar Kelas, terasa berbeda di SD kompleks Borong, pada Kamis, 7 November 2019.

Pagi itu, ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong, yang berkumpul di halaman upacara mendapat literasi kebencanaan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

"Ini kegiatan pertama Tagana masuk sekolah, dan saya senang karena dilakukan di Borong," kata Drs. H. Syakhruddin DN, M.Si yang dikenal sebagai perintis Tagana Indonesia di Sulsel.

Pendekatan yang digunakan Syakhruddin mampu membuat anak-anak gembira dan bersemangat. Anak-anak diperkenalkan dengan jenis-jenis bencana dan bagaimana cara mengantisipasinya dengan cara bermain. Salah satu poin dalam kegiatan OCDay memang terkait simulasi evakuasi bencana.

Kepsek SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, menyatakan agar anak-anak lebih memahami tentang kebencanaan maka pihak sekolah mengundang Tagana, biar lebih informatif dan interaktif. Sementara Kepala SD Inpres Borong, Muslih S.Pd, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Tagana yang sudah memberikan edukasi kebencanaan sejak dini kepada anak-anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Andi Tenri A. Palallo yang berkunjung untuk menyaksikan pelaksanaan OCDay di SD Kompleks Borong, memuji sekolah-sekolah yang telah berusaha mengimplementasikan hak-hak anak dalam beragam kegiatan.

"OCDay ini bagian dari upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak atau SRA," jelas Andi Tenri A. Palallo usai membubuhkan tanda tangan pada kain sepanjang 20 meter yang berisi harapan, pesan dan komitmen SRA. Hj Faridah, Kasubid Pengarusutamaan Anak DP3A Kota Makassar, menambahkan bahwa staf DP3A berkeliling ke berbagai sekolah untuk melihat secara langsung pelaksanaan OCDay di Makassar.

Kegiatan OCDay dalam rangka Hari Konvensi Anak ini dihadiri Ketua dan Bendahara Komite SD Kompleks Borong, pengawas sekolah, pengurus PGRI Sulsel dan sejumlah orangtua peserta didik. Juga hadir Rusdin Tompo, fasilitator ekskul minat bakat di SDN Borong.

Selain simulasi kebencanaan, anak-anak juga melakukan berbagai kegiatan, antara lain cuci tangan sebelum dan sesudah makan, makan bersama, bermain permainan tradisional, senam Germas, tepuk Hak Anak dan yel-yel SRA serta menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu wajib nasional sebagai bagian dari pendidikan karakter, untuk menanamkan nasionalisme.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved