Bantaeng Jadi Titik Pantau Pelaksanaan OCD, Begini Pesan Menteri PPPA

Hal itu dibuktikan dengan terpilihnya Bantaeng menjadi satu dari sembilan daerah titik pantau pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCD) yang dilaksanaka

Bantaeng Jadi Titik Pantau Pelaksanaan OCD, Begini Pesan Menteri PPPA
Eka Nugraha/Humas Pemkab Bantaeng
Pelaksanaan OCD di SLB Negeri 1 Bantaeng di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulsel 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Pemerintah pusat kembali melirik Bantaeng sebagai daerah yang ramah terhadap anak.

Hal itu dibuktikan dengan terpilihnya Bantaeng menjadi satu dari sembilan daerah titik pantau pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCD) yang dilaksanakan serentak se-Indonesia, Kamis( 7/11/2019).

Kemenag Mamasa Usulkan Penambahan Guru Agama, Gubernur: Itu yang Bikin Pusing Kita

4 Hari Lagi Pendaftaran CPNS 2019, Ini Bocoran Soal SKD Resmi dari BKN, Mulai TWK, TIU, hingga TKP

2 Minggu, Video Pendek Humas Sulsel Berubahna Mo Sulsel Ditonton 100 Ribu

TERUNGKAP Pembunuh Surono Mayat Dicor Dibawah Musalah, Anak Istri Bersekongkol Demi Harta Warisan

Dulu Jadi Idola Gadis Manado, Begini Nasib Angelina Sondakh Eks Putri Indonesia Sudah 7 Tahun di Bui

Kegiatan OCD ini adalah rangkaian dari peringatan hari anak nasional yang jatuh pada 20 November mendatang.

Pelaksanaan OCD di Indonesia diintegrasikan ke dalam program Sekolah Ramah Anak atau SRA. Hal ini selaras dengan arahan Presiden yang meminta agar sekolah melakukan lebih banyak proses pembelajaran di luar kelas dari pada belajar di dalam kelas.

Melalui rilis yang dikirim Kementerian PPPA, disebutkan jika Bantaeng adalah satu-satunya perwakilan Sulawesi Selatan yang menjadi titik pantau pelaksanaan OCD itu.

Selain Bantaeng, daerah lain yang menjadi titik pantau adalah Jawa Timur (Bojonegoro dan Tuban), Lampung (Pringsewu), Sulawesi Utara (Minahasa), Maluku Utara (Kota Ternate), Nusa Tenggara Timur (Timor Tengah Selatan), DI Yogyakarta (Kulon Progo), dan Jawa Barat (Kota Bandung).

Bantaeng sendiri, pelaksanaan itu terfokus di SLB Negeri 1 Bantaeng di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulsel. Rangkaian kegiatan diisi dengan sejumlah permainan anak.

Pelaksanaan OCD di SLB Negeri 1 Bantaeng di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulsel
Pelaksanaan OCD di SLB Negeri 1 Bantaeng di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulsel (Eka Nugraha/Humas Pemkab Bantaeng)

Dalam kesempatan itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melalui rilisnya, berharap anak Indonesia yang berada di semua satuan pendidikan dapat merasakan proses belajar yang menyenangkan.

"Kegiatan ini tetap sebuah proses belajar namun dilakukan di luar kelas dengan banyak sekali kegiatan yang lebih baik dalam membentuk karakter dan perilaku serta pembiasaan yang positif bahkan termasuk mendukung kebudayaan dalam bentuk permainan tradisional,” ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga.

Khusus untuk Bantaeng, pemantauan OCD dilakukan langsung oleh asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Hendra Jamal.

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved