Jadi Menteri Pertanian, Bupati Gowa Sebut SYL Jaga Martabat Sulsel

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan Syahrul Yasin Limpo adalah tokoh yang menjaga martabat Sulawesi Selatan.

Jadi Menteri Pertanian, Bupati Gowa Sebut SYL Jaga Martabat Sulsel
Istimewa
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem yang juga mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menggunakan batik lontara saat menghadiri pengumuman menteri di Istana Negara, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Syahrul Yasin Limpo dilantik menjadi Menteri Pertanian Republik Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (23/10/2019) pagi.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan Syahrul Yasin Limpo adalah tokoh yang menjaga martabat Sulawesi Selatan.

Polres dan Kejari Luwu Timur Kumpul Kepala Desa di Madani, Apa yang Dibahas?

Kembali Jabat Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju, Ini Perjalanan Karier Retno Marsudi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dari Sukses Jabat Gubernur Sulsel hingga Gagal di Pileg DPR

Jadi TO Polsek Panakkukang, Residivis Borju Dibekuk di Tempat Persembunyian

Segini Kuota Formasi CPNS Sidrap Tahun 2019, Tenaga Kesehatan Paling Sedikit

Menurut Adnan, mantan gubernur dua periode itu menjadi satu-satunya perwakilan putra Sulawesi Selatan yang diberi amanah pada Kabinet Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Beliau satu-satunya perwakilan Sulsel, sehingga tetap menjaga harkat dan martabat Sulsel," kata Adnan ketika dikonfirmasi Tribun Timur.

Adnan yang merupakan keponakan Komandan, sapaan SYL, juga ikut berbahagia dan bangga dengan tugas Menteri Pertanian yang diberikan kepada SYL.

Apalagi, SYL adalah putra Kabupaten Gowa. Ia memulai karier birokrat dan politik di Kabupaten Berjuluk Butta Bersejarah ini.

"Tentu kami sekeluarga bangga dan bahagia, selain sebagai keluarga. Ini juga merupakan kebanggaan orang Sulsel terkhusus Kabupaten Gowa," bebernya.

Sebelum memimpin Sulsel dua periode, Syahrul tercatat pernah memimpin Kabupaten Gowa. SYL menjabat sebagai Bupati Gowa dari tahun 1994 hingga 2002.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). (Humas Pemkab Gowa)

SYL menorehkan sejumlah karya di tanah kelahirannya ketika menjabat Bupati Gowa. Mulai dari pembangunan Bendungan Bili-bili sebagai pereduksi banjir dan pengaliran persawahan.

Kemudian pembangunan Masjid Agung Syekh Yusuf, Istana Tamalate yang megah untuk mendampingi museum Balla Lompoa serta menjembatani pembangunan IPDN Gowa di Kampili Kecamatan Pallangga.

SYL merupakan putra Kabupaten Gowa. Ayahnya, Muhammad Yasin Limpo adalah seorang pejuang kemerdekaan angkatan 45 dari Bontonompo. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur
Follow akun instagram Tribun Timur:
Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved