Buka Orientasi Anggota DPRD Mamasa, Sekprov Sulbar: Legislator Harus Tahu Tugas Utamanya

Mantan Deputi Bidang Diklat LAN RI itu juga menuturkan, dalam menjalankan tugas dewan, bukanlah hal yang mudah

Buka Orientasi Anggota DPRD Mamasa, Sekprov Sulbar: Legislator Harus Tahu Tugas Utamanya
nurhadi/tribunmamuju.com
Pembukaan orientas 30 Anggota DPRD Kabupaten Mamasa di Grand Hotel Maleo Mamuju. 

TRIBUN - TIMUR.COM, MAMUJU - Sekprov Sulbar, Muhammad Idris membuka orientasi 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamasa masa jabatan 2019-2024 di Grand Hotel Maleo Mamuju, Selasa (22/10/2019) sore.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD harus mengetahui ranah tugas utamanya dengan menjalankan tiga fungsinya, yakni legislasi, anggaran dan pengawasan.

Baca: FOTO: Bedah Buku Karya Eks Penasehat KPK Dr Abdullah Hehamahua

"Kita berharap, anggota DPRD bisa lebih mempersiapkan diri melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, karena itu merupakan pekerjaan profesional. Sebagai orang profesional, anggota legislatif harus mengetahui tugas utamanya,"ujar Idris.

Mantan Deputi Bidang Diklat LAN RI itu juga menuturkan, dalam menjalankan tugas dewan, bukanlah hal yang mudah, sebab legislator harus mampu mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya suatu permasalahan yang ada di daerah.

Baca: FOTO: Bank Sulselbar dan KPK Bimtek Pengendalian Pengelolaan dan Pelaporan Gratifikasi

"Menjadi legislator sangat berat, tidak seperti yang dibayangkan, karena tidak hanya tahu gejala dari masalah itu, namun juga bagaimana menyelesaikannya, misalnya memecahkan penyebab masalah stunting,"ucap Idris.

Atas nama Pemprov Sulbar, Idris mengajak anggota dewan menjadikan moment pengabdian untuk menyusun langkah-langkah strategis demi kemajuan Sulbar, serta membangun kolaborasi.

Baca: Polres Mamasa Periksa Kesehatan Tahanan, Cuma Sakit Gigi

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar, Yakub F. Solon, menyampaikan, orientasi itu bertujuan untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

"Juga meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI, serta meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan,"ucap Yakub.

Baca: YOSS Tutup Stadion Mattoanging, Pemprov Cuek Bagaimana Nasib PSM?

Kegiatan orientasi/pembekalan akan berlangsung hingga 25 Oktober 2019 di Grand Maleo Hotel Mamuju. Orientasi/pembekalan gelombang ke- IV atau yang terakhir pada 2019 tersebut.

Selain diikuti anggota DPRD Mamasa, juga terdapat tujuh anggota DPRD dari dua kabupaten, yakni satu orang legislator Mamuju Tengah dan enam orang legislator Pasangkayu.

Baca: Kalah Atas Persija Bungkam Suporter, Sekjen KSVU: Lawan Madura Main Lepas

Halaman
1234
Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved