Lebih Menguntungkan, Kementan Dorong Sulut Tanam Jagung Untuk Produksi

Lebih Menguntungkan, Kementan Dorong Sulut Tanam Jagung Untuk Produksi

Lebih Menguntungkan, Kementan Dorong Sulut Tanam Jagung Untuk Produksi
Kementan
Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Sulawesi Utara (Sulut) mengembangkan jagung 

Lebih Menguntungkan, Kementan Dorong Sulut Tanam Jagung Untuk Produksi

TRIBUN-TIMUR.COM, - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Sulawesi Utara (Sulut) mengembangkan jagung untuk produksi karena lebih menguntungkan diba dibanding jagung untuk konsumsi.

Kementan memberikan bantuan kegiatan Pengembangan Kawasan (Perbenihan) Jagung Hibrida Berbasis Korporasi Petani Tahun 2019

Menurut Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Takdir Mulyadi, kegiatan ini sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kapasitas kelompok penangkar benih.

Selain itu, guna merangsang kelembagaan ekonomi petani agar bisa mengelola bisnis penangkaran benih jagung hibrida secara mandiri dan petani penangkar yang mendapatkan nilai tambahnya.

"Program Kementerian Pertanian memberikan bantuan seperti tetua benih sumber, pestisida dan pupuk gratis dan Petani diajarkan bisa memproduksi benih jagung hibrida sendiri," demikian kata Takdir saat bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa guna menandatangani MoU dengan petani penerima bantuan kegiatan Pengembangan Kawasan (Perbenihan) Jagung Hibrida Berbasis Korporasi Petani Tahun 2019 di Minahasa, Rabu (9/10/2019).

Takdir menjelaskan hasil dari penangkaran ini disiapkan pasarnya untuk berkontribusi mencukupi kebutuhan benih tahun 2020.

Sebanyak 500 ha akan diprogramkan diantaranya varietas produksi Badan Litbang Kementan atau benih rakitan anak bangsa. Jadi saatnya bersama-sama untuk menyiapkan hal tersebut.

“Mari kita mejaga kualitas benih yang ditangkarkan untuk perjuangan yang lebih besar. Kegiatan ini kami harapkan menjadi program berlanjut selama 3 tahun sampai petani bisa memproduksi benih secara mandiri dan dikelola melalui kelembagaan korporasi petani,” ungkap Takdir.

Selain itu dalam rangka penguatan kapasitas SDM, Takdir menyatakan petani dibekali kemampuan teknis menangkarkan benih jagung hibrida agar bisa membuat benih jagung hibrida secara mandiri.

Halaman
123
Tags
Kementan
Editor: Munawwarah Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved