Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Tim Direktorat Jenderal (Ditjen)

Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah
Tribunnews
Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan dan Ditjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan Gerakan Percepatan Olah Tanah (GPOT) dan percepatan tanam padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Donggala, Poso, Parigi Moutong dan Siggi.

Gerakan ini sebagai upaya percepatan dan pencapaian target Luas Tambah Tanam (LTT).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk GPOT ditingkat lapangan ini menyasar lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso 100 ha, Kabupaten Parigi Moutong 100 ha dan Kabupaten Sigi 100 ha.

Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah4
Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah4 (Humas Kementan)

Kepala Seksi Seralia Kabupaten Donggala, Oktavius Palembangan berharap dengan alokasi kegiatan percepatan tanam padi di lahan kering petani makin tergerak untuk melakukan percepatan tanam.

"Percepatan tanam terutama pada lahan-lahan yang sudah selayaknya bisa tanam," demikian ungkap Oktavius di Donggala, Rabu (25/9/2019).

Sementara itu Kepala Seksi Seralia Provinsi Sulteng, Arbit mengajak para petani mengoptimalkan lahan-lahan yang belum produktif. Misalnya, lahan-lahan tadah hujan, lahan pekarangan, lahan di bawah tegakan dan lahan lain yang sumber airnya terbatas, serta lahan yang ketersediaan airnya masih cukup dapat memanfaatkan lahan tersebut

"Saya mengajak petani untuk lebih mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang dimiliki. Kami di provinsi dan pusat siap untuk mendukung bantuan benihnya," ujarnya.

Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah1
Sulteng Semangat Pacu Program Kementan Gerakan Percepatan Olah Tanah1 (Humas Kementan)

Arbit menambahkan pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendorong petani dalam melakukan proses percepatan tanam pada lahan-lahan yang sudah semestinya melakukan penanaman terutama di bulan September agar berkontribusi pada produksi padi di tahun 2019. Perlu diketahui luas pertanaman sampai tanggal 24 September di Sulteng 9.300 hektar dari target 17 ribu hektar.

"Ini menjadi tugas kita bersama untuk mengejar kekurangan di bulan September," terangnya.

Hal senada disampaikan perwakilan Tim Liaison Oficer Upaya Khusus (Upsus), Roland Hutadjulu bahwa saat ini pemerintah pusat menyediakan bantuan benih untuk kegiatan padi lahan kering maupun jagung untuk mengoptimalkan lahan-lahan yang sumber airnya terbatas.

Halaman
12
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved