Tenun Tradisional Lipa Saqbe Khas Mandar Dipamerkan di Blitar

Dayat memperkenalkan tenun tradisional mandar yakni Lipa Saqbe mandar yang ditenun langsung oleh masyarakat Mandar

Tenun Tradisional Lipa Saqbe Khas Mandar Dipamerkan di Blitar
handover Dok Pribadi Hidayat Rahman
Saat Owner Mesaqbe Hidayat Rahman (tengah) pamerkan tenun khas tradisional Lipa Saqbe di Expo Santripreneur 2019 di Alun-Alun Kanigoro, Blitar Jawa Timur, Kamis - Sabtu (19-21/9/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Hidayat Rahman (23) berhasil mewakili Mandar Sulawesi Barat untuk mengikuti ajang Expo Santripreneur 2019 di Alun-Alun Kanigoro, Blitar Jawa Timur, Kamis-Sabtu (19-21/9/2019).

Expo Santripreneur 2019 di merupakan kegiatan kolaborasi antara Bintang Muda Nusantara (BIUUS Indonesia) yang bekerjasama dengan Kementrian pemuda dan Olaraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Dipaparkan dalam rilisnya Minggu (22/9/2019), kegiatan merupakan program pelatihan kewirausahaan untuk para pemuda atau enterpreneur yang mulai mengembangkan dan memperkenalkan produknya.

Bertajuk Kreatif Muda, Inspirasi Masa Kini, kegiatan ini diikuti perwakilan peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Hidayat Rahman atau kerap disapa Dayat memperkenalkan tenun tradisional mandar yakni Lipa Saqbe mandar yang ditenun langsung oleh masyarakat Mandar.

Di Mandar Dayat sendiri memiliki sebuah usaha tenun khas tradisional Lipa Saqbe yang bernama Mesaqbe.

Ia mengatakan membuat sebuah usaha dari hasil kerajinan tangan merupakan wujud apresiasi terhadap hasil kerajinan dari masyarakat Polewali Mandar.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terjadi seiring meningkatnya kegiatan entrepreneurship atau kewirausahaan,” katanya dalam rilis tersebut.

Saat pameran, Owner Mesaqbe ini mengaku pengunjung cukup tertarik dengan produknya.

“Alhamdulillah banyak yang berkunjung dan mengapresiasi di tenant saya. Mereka bilang Lipa Saqbe mandar memiliki motif yang khas dan unik,” katanya.

Dayat turut mengajak para pemuda untuk dapat berwirausaha sejak dini.

“Mari sama-sama kita berperan aktif dalam membangun perekonomian bangsa Indonesia melalui pengembangan wirausaha.” katanya.

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved