CITIZEN REPORTER

Indonesia Darurat Asap, Rumah Zakat Siaga Bencana Asap di 6 Provinsi

Berdasarkan data BNPB, hingga 14 September 2019, Karhutla terparah dialami oleh 6 provinsi yaitu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur

Indonesia Darurat Asap, Rumah Zakat Siaga Bencana Asap di 6 Provinsi
Citizen Reporter
Relawan Rumah Zakat saat berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Jalan Tamangapa Raya, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulsel. Kebakaran ini merupakan bencana kebakaran terparah di Sulawesi Selatan karena membakar 16 hektar sampah. 

Kemarau panjang tak hanya berdampak pada kekeringan dan kekurangan air bersih. Tapi juga pada risiko kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Berdasarkan data BNPB, hingga 14 September 2019, Karhutla terparah dialami oleh 6 provinsi yaitu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

Selain itu, kebakaran parah juga terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Jalan Tamangapa Raya, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulsel, pada Minggu 15 September 2019 lalu.

TPA Tamangapa Terbakar, Camat Bontoala Bagikan 200 Masker untuk Pengendara

Brooklyn Beckham Putra David Beckham Cekcok Bikin Nangis Model Hana Cross Saat Pesta, Ini Profilnya

VIDEO: Begini Suasana Kunjungan Bupati Sinjai ke Redaksi Tribun Timur

Kebakaran ini merupakan bencana kebakaran terparah di Sulawesi Selatan karena membakar 16 hektar sampah.

 Di Kalimantan Barat terdapat 431 titik panas, Kalimantan Tengah terdapat 1.651 titik panas, Kalimantan Selatan terdapat 279 titik panas, Sumatera Selatan terdapat 367 titik panas, Jambi terdapat 287 titik panas, sedangkan Riau terdapat 372 titik panas.

 Semakin banyak titik api ini menyebabkan kabut asap semakin pekat, sehingga kualitas udara menjadi buruk dan bahkan berbahaya.

Riau menjadi daerah dengan status kualitas udara berbahaya sedangkan Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan kualitas udara sedang.

Sebagai respon atas bencana asap ini, Rumah Zakat Action langsung melakukan beberapa tindakan untuk turut menanggulangi Karhutla ini.

Sejak Agustus 2019, Rumah Zakat Action telah menurunkan personel relawan untuk melakukan pemadaman api di beberapa titik kebakaran lahan bersama Satgas gabungan.

 Tak hanya itu, Rumah Zakat juga menyelenggarakan Sholat Istisqo bersama masyarakat Pekanbaru, serta membagikan lebih dari 10.000 masker kepada masyarakat di kota Pontianak, Pekanbaru, Samarinda, Batam dan Padang.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved