Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Jadi Presiden, Bukti Tak Tergiur Kekuasaan

Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia, Tak Pernah Tergiur dengan Kekuasaan

Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Jadi Presiden, Bukti Tak Tergiur Kekuasaan
Twitter @mohmahfudmd
Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Jadi Presiden ke-3 Republik Indonesia 

Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia, Tak Pernah Tergiur dengan Kekuasaan

TRIBUN-TIMUR.COM-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengungkapkan Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie adalah sosok yang rela mengorbankan kepentingan pribadi untuk negara.

Mahfud MD membongkar pengorbanan terbesar Presiden BJ Habibie selama memegang amanah di Pemerintahan.

Dikutip dari Kompas.com, salah satu pengrobanan terbesar BJ Habibie adalah menyelenggarakan pemilihan umum tahun 1998.

Padahal, kala itu, Habibie yang menggantikan Soeharto sebagai Presiden pada tahun 1998, secara konstitusi bisa bertahan dengan jabatannya hingga tahun 2003.

"Tapi beliau langsung mengumumkan saya akan mengadakan Pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya sendiri melalui Pemilu yang baik," kata Mahfud usai melayat ke kediaman almarhum Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Deretan Prestasi dan Penghargaan BJ Habibie dari Pemerintah Indonesia, Jerman, Italia, hingga Belgia

Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Jadi Presiden ke-3 Republik Indonesia
Mahfud MD Bongkar Pengorbanan Terbesar BJ Habibie saat Jadi Presiden ke-3 Republik Indonesia (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

"Dan terjadilah pemilu yang baik, sesudah puluhan tahun negara ini tidak pernah mengadakan pemilu dengan baik. Itulah yang dilakukan Habibie," sambungnya.

Hal tersebut juga disampaikan Mahfud MD melalui akun Twitternya @mohmahfudmd

"Sebenarnya mbrt konstitusi BJ Habibie berhak menjabat Presiden sampai tahun 2003. Tp dia segera mengumumkan diadakannya Pemilu demokratis agar rakyat memilih Wakil Rakyat dan Presiden baru. Dia hny memilih menjadi Presiden yg bs mengantarkan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya,"tulis Mahfud MD.

Salah satu alasan Presiden BJ Habibie menolak dipilih kembali sebagai presiden karena pertanggungjawabannya terkait referendum Timor Timur ditolak pada Sidang Umum MPR 1999.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved