661 Mahasiswa Baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar Ikuti Kegiatan Taaruf

661 mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar ikuti kegiatan taaruf

661 Mahasiswa Baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar Ikuti Kegiatan Taaruf
Unismuh
Kegiatan Taaruf mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Kader Ulama Unggul dan Berkemajuan di Era Revolusi Industri 4.0 ini dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM. 

661 mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar ikuti kegiatan taaruf

MAKASSAR - Sebanyak 661 mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar tahun ajaran 2019-2020 telah mengikuti Taaruf atau kegiatan pengenalan kehidupan kampus, yang pembukaannya dipusatkan di Masjid Subulussalam Al Khory Unismuh Makassar, Jumat 6 September 2019.

Jumlah ini belum termasuk mahasiswa baru Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, karena akan bergabung dengan mahasiswa dari fakultas lainnya pada masa orientasi pengenalan mahasiswa baru Unismuh, yang dilaksanakan pada 11 September 2019.

Kegiatan Taaruf mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Kader Ulama Unggul dan Berkemajuan di Era Revolusi Industri 4.0 ini dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM.

Hadir Direktur Ma’had Al Birr Unismuh Makassar, , H. Lukman Abd Shamad, Lc, Wakil Dekan III Fakultas AgamaIslam Unismuh, Dr Ferdinan, Sekretaris Ma’had Al Birr Unismuh, Dr M Ali Bakri, M.Pd, Dr Ilham Muchtar, M.Ag (Ka.Prodi Ahwal Syakhsyiah), Muktashim Billah, Lc (Ketua Panitia) serta dosen dan para ketua-ketua lembaga mahasiswa Ma’had Al Birr se Unismuh Makassar.

Ketua Panitia, Muktshim Billah, Lc, dalam laporannya menyebutkan secara keseluruhan jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di Ma’had Al Birr Unismuh Makassar tahun ajaran 2019-2020, tercatat 1.019 orang pendaftar. Sementara yang bisa diterima hanya 922 orang. Sementara yang mengikuti oreintasi saat ini sebanyak 661 orang, 323 putri dan 338 putra.

Selama tiga hari masa orientasi pengenalan kampus dan pengenalan program Ma’had Al Birr didampingi sebanyak 59 orang pendamping dan 37 panitia.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM dalam sambutannya, mengatakan, selama tiga hari masa orientasi mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh , adalah masa perkenalan para mahasiswa baru, perkenalan program pendidikan yang ada di Ma’had Al Birr dan tentu secara umum Unismuh Makassar, serta dapat menjalin persaudaraan sesama mahasiswa baru, senior dan dosen.

Menurut rektor pemahaman atau pengetahuan dalam memasuki sebuah organisasi penting, karena jika masuk disebuah organisasi disebuah lembaga harus diketahui kemana arahnya ini organisasi, maka perlu dilakukan orientasi atau pengenalan kampus.

Rektor Prof Rahman Rahim, dihadapan 661 mahasiswa baru Ma’had Al Birr yang mengikuti masa orientasi ini memperkenalkan bahwa Unismuh Makassar mengelola 46 program studi dengan jumlah mahasiswa 22 ribu orang. Agar bisa betah belajar di kampus maka semuanya harus bisa cepat beradaptasi dengan segala hal dalam lingkungan kampus.

“Kenali budaya lingkungan kampus, selain budaya akademik juga budaya lainnya di Unismuh adalah, salat berjamaah di masjid yang ada di kampus, tahsinul qiraah, tidak merokok, salam dan membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan,”ujar rektor.

Rektor juga berpesan kepada mahasiswa baru Ma’had Al Birr Unismuh yang juga calon kader ulama yang unggul dan berkemajuan dapat menguasai teknologi dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Dan kepada pengelola Ma’had Al Birr Unismuh rektor juga menitipkan pesan, menanamkan kedalam diri mahasiswanya jiwa entrepreneurship menuju kemandirian.(*)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved