OPINI

OPINI - Medsos adalah Ruang Publik

Kehadiran media internet atau media daring (dalam jaringan) menjadikan dunia semakin kecil, hanya seperti sebuah “kamar global”.

OPINI - Medsos adalah Ruang Publik
Dok
M Ghufran H Kordi K, Pengamat Sosial

Oleh:
M Ghufran H Kordi K
Pengamat Sosial

Kehadiran media internet atau media daring (dalam jaringan) menjadikan dunia semakin kecil, hanya seperti sebuah “kamar global”.

Informasi disebar dan dapat diakses pada waktu sebenarnya atau waktu yang nyata (real time).

Apa pun yang terjadi di belahan bumi dengan segera disebar ke dalam media daring dan mendapat respon dari publik tanpa mengenal batas usia, pendidikan, suku, agama, bangsa, dan negara.

Media daring menyediakan fasilitas media sosial (medsos) yang memungkinkan publik dapat mengontrol informasi yang selama ini hanya bisa dikendalikan oleh penguasa, pengusaha, dan pekerja media.

Melalui medsos semacam facebook, twitter, google plus, instagram, whatsapp, linkedln, dan sebagainya, publik tidak hanya melaporkan sesuatu melalui tulisan (chatting) tetapi juga bertelepon melalui video (video call) untuk menyampaikan berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan daerah dan dunia.

Media daring dan medsos pun memungkinkan publik dapat mengontrol berbagai kebijakan dan layanan yang disediakan oleh negara maupun sektor privat.

Suara-suara pinggiran yang selama tidak pernah atau jarang diakomodasi oleh media arus utama (mainstream) mendapat saluran melalui medsos.

Baca: 120 Prajurit Kodim Polmas Tes Urin

Dengan demikian medsos adalah salah satu alat untuk mengontrol ruang publik yang selama ini hanya dikuasai oleh segelintir orang yang menguasai pengetahuan, kekuasaan, dan modal.

Media daring dan medsos juga mendorong perkembangan ekonomi yang luar biasa, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Perputaran uang dan barang sangat cepat karena fasilitas daring dan medsos.

Halaman
1234
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved