Pemprov Sulsel Canangkan Program Pedesterian Demi Percantik Toraja Utara

Hal itu dibeberkan Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah saat membawakan sambutan di puncak perayaan HUT ke-11 Toraja Utara

Pemprov Sulsel Canangkan Program Pedesterian Demi Percantik Toraja Utara
risnawati/tribuntoraja.com
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wagub Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan di perayaan HUT ke 11 Toraja Utara di Lapangan Bakti Kecamatan Rantepao, Kamis (22/8/2019) siang 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mencanangkan beberapa program di Kabupaten Toraja Utara.

Hal itu dibeberkan Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah saat membawakan sambutan di puncak perayaan HUT ke-11 Toraja Utara di Lapangan Bakti Kecamatan Rantepao, Kamis (22/8/2019) siang.

Nurdin, mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengatakan, demi menyambut pencanangan ke Toraja Utara, bersama Wakil Gubernur Sulsel terus mendorong bagaimana mempercantik Toraja Utara.

"Termasuk akses ke kawasan wisata, karena disini daerah strategis akan keberagaman budayanya," ungkapnya.

Lanjutnya, akses antar kabupaten perlu didukung untuk menyelesaikan seluruh kebutuhan layanan publik di Toraja Utara.

Kata Nurdin, jika pemerintahan rukun dan tidak ada kegaduhan maka akan menarik wisatawan, sehingga Toraja Utara adalah potensi menghasilkan PAD sangat baik dan sebagai prioritas pembangunan dengan target 20 juta turis mancanegara di tahun 2019.

"Pencanangan ini bersama Bupati Toraja Utara maupun Tana Toraja untuk terus mendorong dan menghadirkan infrastruktur baik dan menyempurnakan fasilitas, termasuk jalan menuju kawasan objek wisata," tambah Nurdin.

Diharapkannya, di tahun 2019 ini mulai pembangunan jalur dua dari tugu tedong bonga ke Kabupaten Luwu yang diyakini jika selesai nanti jarak tempuh ke Bandara Bua hanya 40 menit.

"Sehingga akan memacu arus wisatawan ke Toraja Utara dan Tana Toraja, kita akan rampungkan penataan kota dua kabupaten ini dengan membangun pedestrian yang mudah-mudahan rampung tahun 2020," tuturnya.

Selain itu, Pemprov Sulsel akan merampungkan Bandara Internasional Toraja (Bandara Buntu Kunik) di Kecamatan Mengkendek, sehingga bisa menjadi salah satu bandara terindah di Indonesia.

"Saya yakin dan percaya, kalau bandara internasional Toraja selesai kita harap tidak hanya turis mancanegara yang datang tapi juga wisatawan domestik penuh disini," tutup Nurdin.

Dikatakan, wisata merupakan penggerak ekonomi daerah dari seluruh sektor usaha dan dunia, dimana Toraja memiliki kekayaan alam tersendiri.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved