Bunga Acuan BI Turun Lagi Jadi 5,75%, Bankir: Bisa Dorong Kredit

Pertumbuhan kredit sangat bergantung pada permintaan barang jasa, jika hal ini terjadi maka memungkinkan untuk mendorong kredit.

Bunga Acuan BI Turun Lagi Jadi 5,75%, Bankir: Bisa Dorong Kredit
shutterstock
Suku Bunga Bank

TRIBUN-TIMUR.COM - Bank Indonesia memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan BI 7 days reverse repo rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,5% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (22/8/2019).

Sebelumnya pada Juli 2019, bank sentral juga sudah menurunkan bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 5,75%.

Lewat penurunan bunga acuan ini, BI berharap pertumbuhan kredit mampu terdorong. Terutama melalui penyesuaian suku bunga kredit. Sejumlah bank pun menyambut baik hal tersebut, salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan penurunan bunga acuan BI 7DRRR baik untuk ekonomi. Namun, hal tersebut tidak serta-merta mampu mendorong pertumbuhan kredit.

Sebab, menurutnya pertumbuhan kredit sangat bergantung pada permintaan barang jasa, jika hal ini terjadi maka memungkinkan untuk mendorong kredit.

Baca: Pengamat: Ekspor Pangan Naik Tajam, Jangan Terpengaruh Bisikan Para Hobby Impor

Baca: Manajemen Bank Mandiri Silaturahmi ke Tribun Timur

"Kalau bunga saja yang turun belum tentu kredit bisa naik, kalau tidak ada kebutuhannya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, saat ini kondisi global masih dalam situasi yang lesu sehingga ia menyarankan agar tidak usah terlalu memaksakan pertumbuhan kredit. Lantaran jika penyaluran kredit tidak maksimal, nantinya hal tersebut malah bisa berbalik menjadi kredit bermasalah.

Di sisi lain, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meyakini target penyaluran kredit sebesar 12% tahun ini dapat terealisasi.

Direktur BTN, Nixon Napitupulu mengatakan, dengan turunnya suku bunga kredit dipastikan akan mempengaruhi minat peminjaman kredit oleh debitur.

Salah satunya pada segmen kredit pemilikan rumah (KPR) non subsidi BTN. "Pasti ada pengaruh,” tuturnya.

Halaman
12
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved