Dinas Ketahanan Pangan Parepare Gelar Festival Cipta Menu Pangan Lokal

Kegiatan ini diikuti 22 kelurahan dan masing-masing diwakili oleh anggota tim penggerak PKK Kota Parepare.

Dinas Ketahanan Pangan Parepare Gelar Festival Cipta Menu Pangan Lokal
Darullah/tribunparepare.com
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan (kiri), selaku juri mencicipi hidangan fesrifal cipta menu pangan lokal, Kamis (15/8/2019) 

TRIBUNPAREPARE.COM PAREPARE - Dinas Ketahanan Pangan Parepare menggelar Festival Cipta Menu Pangan Lokal di Kebun Raya Jompie, Kota Parepare, Kamis (15/8/2019) siang.

Beragam olahan makanan dan minuman disajikan dalam festival tersebut.

Kegiatan ini diikuti 22 kelurahan dan masing-masing diwakili oleh anggota tim penggerak PKK Kota Parepare.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan akan mampu memberikan dorongan kepada masyarakat.

Untuk melakukan diversifikasi makanan dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan tertentu seperti beras dan bahan pangan impor.

"Masyarakat perlu terus diberikan pemahaman terkait hal itu, dan diarahkan untuk menerapkan pola konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan menggunakan bahan pangan lokal, dan mengurangi bahan konsumsi impor," jelas Pangerang Rahim.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan, yang juga selaku juri, mengatakan kegiatan yang diikuti setiap kelurahan ini, mempunyai ciri khas tersendiri dari segi pengembangan yang meningkat dari tahun ke tahun.

"Ada beberapa tadi yang Insyaallah akan lolos dan bersaing ke tingkat provinsi," ujar Erna Rasyid.

Lanjutnya, adapun beberapa kriteria yang dinilai pada menu yang disajikan, diantaranya cita rasa, keanekaragaman masakan, penampilan masakan yang disajikan, dan cara penyajian.

"Kami berharap melalui festival menu cipta pangan dan lokal ini, akan melahirkan produk-produk terbaik pangan lokal dan menjadi familiar di tengah masyarakat Kota Parepare," tutupnya.

Kebun Raya Jompie, berlokasikan di Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulsel.

Laporan wartawan TribunTimur.com, Darullah, @uull_darullah.

Penulis: Mulyadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved