Minat Investasi Makin Tinggi, Buka 6,3 Juta Lapangan Pekerjaan Dalam 4 Tahun

Tercatat selama kurun waktu 2015-2018, realisasi investasi mencapai Rp 2.572,30 triliun melampaui target dalam rencana strategis lembaga itu sebesar R

Minat Investasi Makin Tinggi, Buka 6,3 Juta Lapangan Pekerjaan Dalam 4 Tahun
Tribunnews
Kepala BKPM Thomas Lembong 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat pertumbuhan realisasi investasi selama empat tahun terakhir menunjukkan tren yang cukup positif.

Tercatat selama kurun waktu 2015-2018, realisasi investasi mencapai Rp 2.572,30 triliun melampaui target dalam rencana strategis lembaga itu sebesar Rp 2.558,10 triliun.

Hari Ini KPU Pangkep Tetapkan 35 Calon Anggota DPRD Terpilih

Tema ILC TV One Anies Baswedan di Pusaran Bully, Netizen: Diganti Mahfud MD, Rocky Gerung Hadir?

Pagi Ini Wagub Sulbar Bakal Hadiri Penandatanganan MoU Pemerintah dengan BPH Migas dan Pertamina

Kabupaten Wajo Diperkirakan Tak Hujan Hari Ini, Suhu Udara Capai 33 Derajat Celcius

Unboxing Xiaomi Redmi 7A Resmi Dijual Hari Ini Harga 1 Jutaaan, Kamera 12 MP Cek Spesifikasi & Harga

Upaya giat untuk mengajak investor menanamkan investasinya ke negara ini memang menjadi perhatian serius pemerintah, termasuk Presiden Joko Widodo.

Bahkan dalam satu kesempatan membuka Rakornas BKPM, kepala negara telah mewanti-wanti, “Investasi dan ekspor itu kunci. Bila ada hambatan, lembaga terkait harus menyelesaikannya.”

BKPM pun menyadari tugas berat ini. Lembaga di bawah komando Thomas Lembong inipun telah menetapkan investasi sebagai bagian ikut menyelesaikan masalah bangsa.

Melalui derasnya investasi, harapannya tentu membawa multiplier effect yang dapat memperluas peluang usaha, mendorong produksi barang dan jasa di dalam negeri, meningkatkan penyediaan lapangan kerja, menurunkan angka ketimpangan ekonomi, serta meningkatnya pendapatan masyarakat.

Berkaitan dengan investasi yang masuk, Kepala BKPM Thomas Lembong mengemukakan, perkembangan realisasi investasi dari 2015 hingga 2018 menunjukkan tren yang positif.

BKPM mengungkapkan hasil investasi sepanjang 2015 hingga 2018 juga telah menciptakan sekitar 6,3 juta lapangan kerja baru.

Thomas Lembong mengatakan pembukaan lapangan kerja bakal berdampak kepada pendapatan masyarakat. "Terutama untuk investasi sektor orientasi ekspor dan substitusi barang atau jasa impor," katanya.

Namun, dia mengakui, investasi pada tahun lalu memang terjadi pelambatan. “Namun, itu semua tidak terlepas dari perkembangan investasi global yang juga menurun,” ujarnya dalam rilisnya, Selasa (13/8/2019).

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved