Politani Pangkep Bina 2 UKM, Budidaya Karang Hias Lestari di Pulau Barrang Lompo, Begini Caranya?

Politani Pangkep Bina 2 UKM Teknik Pemeliharaan Budidaya Karang Hias Lestari Berbasis Masyarakat di Pulau Barrang Lompo, Makassar

Politani Pangkep Bina 2 UKM, Budidaya Karang Hias Lestari di Pulau Barrang Lompo, Begini Caranya?
dok politani pangkep
Proses budidaya karang hias dari Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) 2018 oleh tim Politeknik Pertanian Negeri Pangkep di Pulau Barrang Lompo Makassar. 

Politani Pangkep Bina 2 UKM, Budidaya Karang Hias Lestari di Pulau Barrang Lompo, Makassar, Begini Caranya?

TRIBUN-TIMUR.COM - Tim dosen dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) atau dikenal dengan Politani Pangkep membina warga di pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dikutip dalam rilis ke tribun-timur.com, Senin (12/8/2019), program pembinaan tersebut untuk dua Usaha Kecil Menengah (UKM) tentang cara atau teknik pemeliharaan Budidaya Karang Hias Lestari Berbasis masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Politani Pangkep dalam Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) di bidang karang hias secara lestari atau berkesinambangunan.

Baca: 2 UKM Dilatih Politani Pangkep Teknik Budidaya Karang Hias Lestari di Pulau Barrang Lompo Makassar

Baca: FIKP Unhas Gandeng AKKII Terkait Pemanfaatan Karang Hias Berkelanjutan, Apa Saja Itemnya?

Tim dosen yang turun dalam program tersebut berasal dari Jurusan Agribisnis Perikanan dan Tekhnologi Pengolahan Hasil Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. 

Kegiatan PPPE ini didanai dari Dana riset dan pengabdian kepada masyarakat berasal dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Tahun Anggaran 2018.

Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM).

Ketua PPPE Politani Pangkep Dr Mauli Kasmi saat memantau proses budidaya karang hias di perairan Barrang Lompo, Makassar
Ketua PPPE Politani Pangkep Dr Mauli Kasmi saat memantau proses budidaya karang hias di perairan Barrang Lompo, Makassar (handover)

Tim dosen Politani Pangkep diketuai Dr Mauli Kasmi SPi MSi dan anggota pertama Ir Asriany MSi keduanya dari jurusan Agribisnis Perikanan.

Sedangkan anggota kedua Dr Andi Ridwan Makkulawu ST MSc dari Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

"Jadi fokus kami pada kegiatan PPE ini adalah pada Produksi Budidaya Karang Hias secara lestari sebagai salah satu alternatif," kata Mauli Kasmi, penanggung jawab kegiatan Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE).

Halaman
1234
Penulis: Alfian
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved