Tambah Wawasan Sejarah dengan Mengunjungi Pameran Foto 'Jalan Terjal Kedaulatan' di Rotterdam

Meski presiden pertama Indonesia, Soekarno dan wakilnya Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945

Tambah Wawasan Sejarah dengan Mengunjungi Pameran Foto 'Jalan Terjal Kedaulatan' di Rotterdam
Muslimin Emba/Tribuntimur.com
Suasana pameran foto dokumenter 'Jalan Terjal Kedaulatan' di Benteng Fort Rotterdam, Jl Ujungpandang, Makassar.Sabtu (10/8/2019) sore 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - 17 Agustus 2019, kemerdekaan Indonesia genap berusia 74 tahun.

Meski presiden pertama Indonesia, Soekarno dan wakilnya Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia belum mendapat pengakuan kedaulatan seutuhnya.

Untuk meraih pengakuan kedaulatan itu, para pejuang dan pendiri bangsa di negeri ini masih harus berjibaku melawan agresi penjajah, pasca kemerdekaan sekaligus membangun diplomasi dengan bangsa-bangsa lain.

Kisa perjalanan sejarah itu, dapat anda simak dengan mengunjungi pameran foto dokumenter 'Jalan Terjal Kedaulatan' di Benteng Fort Rotterdam, Jl Ujungpandang, Makassar.

Pameran yang berlansung 8-25 Agustus 2019 itu, menampilkan 53 foto dokumenter karya fotograger IPPHOS koleksi Perum LKBN ANTARA itu, menggambarkan perjalanan para pendiri bangsa pasca kemerdekaan 1945 hingga pengakuan kedaulatan 1949.

Pantauan awak tribun, Sabtu (10/8/2019) sore, pengunjung Fort Rotterdam tampak antusias mengunjungi pameran yang berlokasi di Bastion Bone tersebut.

"Pameran foto kali ini, kita menampilkan 53 foto dari sekitar belasan ribu foto koleksi Kantor Berita Antara dan IPPHOS (Indonesia Press Foto Service)," kata ketua pantia Adwit B Pramono (34).

Selain pameran foto, lanjut Adwit B Pramono, juga digelar diskusi terkait peran fotografi dokumenter dalam kemerdekaan.

"Diskusi terkait peran fotografi dokumenter dalam kemerdekaan itu menghadirkan dua pembicara. Satu dari kurator kepala dan editor kantor berita Antara pak Hermanus dan salah satu sejarawan dari Universitas Negeri Makassar," kata Taufik Ahmad.

Foto pembuka yang ditampilkan pada pameran itu ialah saat Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Halaman
12
Penulis: Muslimin Emba
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved