PESONA DESA

Desa Satanger Pangkep Terima Bantuan 311 Lampu Tenaga Surya

Menurut Kepala Desa Satanger, Zubair, bantuan ini sangat bermanfaat karena selama tidak ada alat penerangan di pulau tersebut.

ist
Desa Satanger, Kecamatan Liukang Tangaya, mendapatkan bantuan lampu tenaga surya hemat energi (LTS HE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). 

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP - Desa Satanger, Kecamatan Liukang Tangaya, mendapatkan bantuan lampu tenaga surya hemat energi (LTS HE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Menurut Kepala Desa Satanger, Zubair, bantuan ini sangat bermanfaat karena selama tidak ada alat penerangan di pulau tersebut. Hanya beberapa warga yang mampu membeli genset untuk penerangan, itupun sangat terbatas.

"Kami bayangkan pulau kami sudah dapat hidup di malam hari dengan adanya lampu tenaga surya ini," katanya, Selasa (30/7/19).

H Budi Amin, anggota DPRD Pangkep asal Kecamatan Liukang Tangayya, menjelaskan jika bantuan KESDM itu merupakan upaya pemkab dan DPRD agar pemerintah pusat memberikan perhatian kepada pulau terluar khususnya Liukang Tangaya dan Kalmas. Terutama masalah listrik dan transportasi.

"Kini, selain listrik tenaga surya juga sudah ada kapal perintis hingga dermaga dan tower alat komunikasi," katanya.

Desa Satanger mendapatkan 311 LTS HE dan Poleonro 272 unit. Desa Satanger berpenduduk 1.210 jiwa dengan 334 kepala keluarga.

Umumnya mata pencaharian warganya adalah nelayan. Dengan lampu LTS HE ini selain dapat digunakan untuk kebutuhan di rumah juga bisa digunakan melaut untuk penerangan.

Desa di Liukang Tangaya ini merupakan pulau terluar Kabupaten Pangkep yang berbatasan dengan Lombok NTB.

Bantuan tersebut kini sudah berada di dermaga Maccini Baji Labakkang dan akan diangkut dengan menggunakan kapal nelayan selama 2 hari perjalanan laut.

Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved