Presiden Jokowi Resmi Pilih Kalimantan, Ini 2 Kota Kandidat Terkuat Jadi Lokasi Ibu Kota Negara Baru

Jokowi telah memilih Pulau Kalimantan sebagai Ibu Kota baru. Namun, provinsi mana di Kalimantan yang dipilih, masih belum disampaikan.

Presiden Jokowi Resmi Pilih Kalimantan, Ini 2 Kota Kandidat Terkuat Jadi Lokasi Ibu Kota Negara Baru
Kompas.com
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, rencana pemindahan Ibu Kota telah ada sejak pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Presiden Jokowi, kata Bambang, tak ingin menjadikan rencana itu hanya sekedar wacana saja. 

"Presiden Jokowi menginginkan ini bukan hanya wacana, tapi konkret," ujar Bambang, di acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jawa-Bali 2020-2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Senin, (29/7/2019).

Baca: Selamat Tinggal Mamuju dan Makassar, Presiden Jokowi Setujui Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan

Baca: Berikut Ini 7 Fakta Tentang Bukit Soeharto, Plus-Minus Kandidat Ibu Kota Baru hingga Cerita Mistis

Baca: Digadang-gadang Jadi Ibu Kota Baru, Intip 3 Stadion Berstandar Internasional di Kalimantan Timur

Jokowi telah memilih Pulau Kalimantan sebagai Ibu Kota baru. Namun, provinsi mana di Kalimantan yang dipilih, masih belum disampaikan.

Bukan Hanya Palangkaraya Kalteng, Inilah Dua Provinsi yang Jadi Kandidat Ibu Kota Negara yang Baru
Bukan Hanya Palangkaraya Kalteng, Inilah Dua Provinsi yang Jadi Kandidat Ibu Kota Negara yang Baru (Kompas.com)

Sebelumnya Jokowi telah menyampaikan rencana pemindahan Ibu Kota Negara. Kesenjangan ekonomi antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa menjadi salah satu alasan pemindahan Ibu Kota.

Ia menilai, selama ini kegiatan ekonomi terpusat di pulau Jawa sehingga pulau tersebut menjadi sangat padat dan mengakibatkan kesenjangan ekonomi di luar pulau Jawa.

Saat ini, terdapat dua lokasi yang menjadi kandidat kuat Ibu Kota baru, yaitu kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Kawasan Tahura Bukit Soeharto, kilometer 50, Jl Poros Balikpapan-Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (1/7/2018).
Kawasan Tahura Bukit Soeharto, kilometer 50, Jl Poros Balikpapan-Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (1/7/2018). (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)

Jokowi sempat membandingkan kedua lokasi ini saat dia melakukan peninjauan. Menurut Jokowi, kelebihan Gunung Mas adalah luas wilayahnya.

Dengan luas daerah tersebut, Gunung Mas siap menjadi Ibu Kota.

Namun, Jokowi menyoroti masalah infrastruktur di wilayah ini.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved