PESONA DESA

Pemerintah Desa Batara Gelar Mudes Penyusunan RKP Desa Tahun 2020

Desa Batara menggelar musyawarah desa penyusunan RKP Desa pada hari ini, Senin 29 Juli 2019 di Baruga Sayang, Desa Batara

Pemerintah Desa Batara Gelar Mudes Penyusunan RKP Desa Tahun 2020
CITIZEN REPORTER
Pemerintah Desa Batara menggelar musyawarah desa penyusunan RKP Desa pada hari ini, Senin 29 Juli 2019 jam 08.30 WITA di Baruga Sayang, Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. 

Citizen Reporter Nurul Ismi Wardani Melaporkan dari Desa Batara, Labakkang, Pangkep, Sulsel

RKP Desa adalah kepanjangan dari Rencana Kerja Pemerintah Desa. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa yang menyatakan bahwa Pemerintah Desa dapat mengusulkan kebutuhan pembangunan desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang di Desa Batara, maka dari itu Pemerintah Desa Batara menggelar musyawarah desa penyusunan RKP Desa pada hari ini, Senin 29 Juli 2019 jam 08.30 WITA di Baruga Sayang, Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Camat Labakkang, Kepala Desa Batara, unsur perangkat desa, BPD, Kepala Dusun Se Batara, RT/RW, Kelompok Masyarakat, Kepala Sekolah Se-Desa Batara, Pendamping Desa dan juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pangkep serta perwakilan dari BAPPEDA Pangkep. 

Adapun jalannya acara ini diawali dengan pembukaan, dilanjutkan penyampaian pengantar musdes oleh ketua BPD, Haeruddin. Kemudian disusul acara sambutan-sambutan dan setelah itu memasuki acara inti yaitu musdes penyusunan RKP Desa tahun 2020 dengan cara memberi kesempatan pada masyarakat untuk mengajukan pengusulan.

Dengan dilaksanakannya Musyawarah Desa ini, salah satu peserta musyawarah mengharapkan “Program yang dilaksanakan tahun 2020 seimbang antara kegiatan fisik serta kegiatan pemberdayaan terutama di bidang peningkatan sumber daya manusia”

Setelah dilakukan pengusulan, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah. Hasil kesepakatan itu kemudian dituliskan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa, Ketua BPD dan Wakil Peserta Musyawarah Desa.

Berakhirnya acara inti, kemudian dilanjutkan acara ramah tamah serta menikmati sajian makanan yang telah disediakan Pemerintah Desa Batara.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved