Sering 'Mati Lampu', PLN ULP Selayar Harap Warga Pangkas Pohon

Salah satu penyebab sering mati lampu di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, karena adanya pohon yang ada di sekitar jaringan PLN.

Sering 'Mati Lampu', PLN ULP Selayar Harap Warga Pangkas Pohon
Dok Dimas
Staf PLN (Persero) ULP Selayar pangkas pohon di Selayar 

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG -Salah satu penyebab sering 'mati lampu' di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan,  karena adanya pohon-pohon yang ada di sekitar jaringan PLN.

Manager PLN ULP Selayar Bustamin mengatakan,  penyebab terjadi  padam listrik diakibatkan oleh pohon. 

Ketika pohon-pohon tersebut tertiup angin, dahan, ranting, pelepah, maupun daun-daun yang terkena ke jaringan PLN tersebut dapat menyebabkan korsleting.

Baca: 4 Figur Balon Bupati Selayar Ramai Dibicarakan Bakal Jadi Penantang Patahana

Baca: Delegasi ENJ UNM dan Puskesmas Bontoharu Selayar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Baca: Ini Hasil Sosialisasi Penanganan Ilegal dan Destructive Fishing di Pasimasunggu Selayar

"Atau dapat menyebakan aliran listrik menyalur ke tanah dan menyebabkan aliran listrik padam,"katanya,  Jumat (26/7/2019) pagi.

Oleh karena itu, kata dia,  demi menjaga pasokan listrik yang andal, PLN ULP Selayar setiap harinya melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik.

"Salah satu kegiatan rutin dalam kegiatan pemeliharaan jaringan tersebut adalah pemangkasan pohon-pohon, yang sudah hampir kena ke jaringan PLN,"ujarnya.

Pasalnya, sesuai dengan prosedur jarak aman pohon terhadap jaringan PLN adalah 2,5 meter disekeliling jaringan.

"Namun fakta yang ada di Pulau Selayar ini cukup menarik, pohon-pohon yang ada disekitar jaringan PLN terutama pohon kelapa, tingginya dapat mencapai 25 meter,"jelasnya.

Menurutnya, ukuran tertinggi tiang jaringan  adalah 13 meter, sehingga pohon yang letaknya lebih dari lima meter dari jaringan  pun ketika tertiup angin kencang tetap dapat kena ke jaringan.

Sehingga, tidak sedikit pula dari pohon-pohon tersebut yang tumbang dan mengakibatkan tiang jaringan listrik patah, dan memutus kabel-kabel pada jaringan listrik tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nurwahidah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved