Realisasi KUR Rp 17 Miliar, Kementerian Koperasi dan UKM Apresiasi Pemprov Sulsel

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM RI, sepanjang 2018 lalu, lewat program tersebut, pendamping KUR Sulsel merealisasikan KUR sebesar Rp17

Penulis: Saldy Irawan | Editor: Ansar
CITIZEN REPORTER
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsu Alam Ibrahim raih penghargaan dari Menteri Koperasi UKM RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI A.A.G. N Puspayoga, di sela-sela acara Rapat Kordinasi Regional Pemberdayaan Pemberdayaan Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2016. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kementerian Koperasi dan UKM RI menyampaikan apresiasinya atas kinerja pendamping Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Sulsel 2018.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM RI, sepanjang 2018 lalu, lewat program tersebut, pendamping KUR Sulsel merealisasikan KUR sebesar Rp17,499 miliar.

Atau 76,69% dari total Rp22,8 miliar lebih usulan proposal pengajuan KUR UKM.

Rekaman CCTV Jadi Bukti Kenapa Wanita Ini Laporkan Calon Suami, Baru Sadar Jika Semua Palsu

OJK: Jangan Pinjam di Fintech untuk Konsumsi

Kabar Buruk Datang dari Geprek Bensu, Ruben Onsu Sedih, Begini Kronologinya

"Dari 20 tenaga pendamping, total ada 827 pelaku usaha yang didampingi dengan total usulan KUR Rp22,8 miliar lebih," kata Deputi Pengawasan Kementrian Koperasi dan UKM RI, Subhan.

Hal itu dikatakannya dalam acara yang pembekalan pendamping KUR 2019 di Sulsel, Kamis (25/7/2019).

"KUR yang terealisasi cukup bagus, yakni 676 pelaku usaha atau 81,74%," lanjut dia.

Melihat kinerja pendamping KUR Sulsel, ia berharap program tersebut tahun ini bisa lebih baik.

"Saya percaya, para pendamping KUR yang diberikan kepercayaan tahun ini bisa menjadi jembatan akses bagi pelaku usaha kecil ke perbankan," katanya via rilis ke tribun.

Ia juga mengaku cukup prihatin melihat kondisi di lapangan, karena secara nasional para pelaku UKM yang terakses modal ke bank masih cukup rendah.

Rekaman CCTV Jadi Bukti Kenapa Wanita Ini Laporkan Calon Suami, Baru Sadar Jika Semua Palsu

OJK: Jangan Pinjam di Fintech untuk Konsumsi

Kabar Buruk Datang dari Geprek Bensu, Ruben Onsu Sedih, Begini Kronologinya

"Secara nasional angka UKM kita itu 62 juta. Ini harusnya bisa terakses modal ke bank minimal 20%, tetapi sekarang hanya 19%," katanya.

Subhan menambahkan, secara nasional, untuk data realisasi penyaluran KUR sampai akhir Juni 2019, totalnya sebesar Rp75,1 triliun, atau 54,06% dari target Rp138,9 triliun lebih.

Sementara itu, Kabid Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel M Duryat Syah, berharap 12 orang pendamping KUR di Sulsel yang tahun ini ditugaskan, bisa menjadi jembatan bagi pelaku UKM dengan bank, khususnya terkait akses KUR.

"Ini saya kira masih cukup banyak pelaku UKM kita di Sulsel, yang belum terbiasa mengakses modal lewat KUR. Inilah tugas kita bersama mendampingi mereka sebagai jembatan ke perbankan," katanya.

Devisi KUR BRI Kanwil Makassar Anindita Yulinda sendiri menegaskan, pihaknya komitmen untuk memberikan kemudahan layanan bagi para pelaku usaha yang memenuhi syarat, untuk terakses KUR.

"Tentu para pendamping KUR ini akan jadi mitra, untuk melihat langsung usaha rakyat yang produktif namun belum terbiasa mengakses modal ke perbankan," pungkasnya.

 Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @piyann__

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved