Mahasiswa KKN Unhas di Bantaeng Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Tambahan

Kegiatan sosialisasi mengenai pekarangan tersebut dilaksanakan merupakan bagian program kerja desa yang dilangsungkan di Aula Kantor Desa Bonto Loe

Mahasiswa KKN Unhas di Bantaeng Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Tambahan - mahasiswa-kuliah-kerja-nyata-kkn-universitas-hasanuddin-unhas-di-desa-bonto-loe.jpg
dok kkn unhas gel 102 bissappu
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Desa Bonto Loe, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, menggelar sosialisasi mengenai pekarangan sebagai sumber gizi dan pendapatan keluarga, Senin (22/7/2019)
Mahasiswa KKN Unhas di Bantaeng Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Tambahan - mahasiswa-kuliah-kerja-nyata-kkn-universitas-hasanuddin-unhas-di-desa-bonto-loe-2.jpg
dok kkn unhas gel 102 bissappu
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Desa Bonto Loe, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, menggelar sosialisasi mengenai pekarangan sebagai sumber gizi dan pendapatan keluarga, Senin (22/7/2019)

TRIBUN-TIMUR.COM, BANTAENG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Desa Bonto Loe, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, menggelar sosialisasi mengenai pekarangan sebagai sumber gizi dan pendapatan keluarga.

Kegiatan sosialisasi mengenai pekarangan tersebut dilaksanakan merupakan bagian program kerja desa yang dilangsungkan di Aula Kantor Desa Bonto Loe, Senin (22/7/2019).

Dikutip dari rilis mahasiswa peserta KKN Unhas Fildza Audinarahma, kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng, Asniati Ninra SP MP. sebagai pemateri kegiatan.

Baca: Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 102 di Bisappu, Bantaeng, Seminar Program Kerja, Apa saja Prokernya?

Baca: Peringati Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKN Unhas Parepare Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Lalu tampil sebagai peserta adalah ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Majelis Taklim Desa Bonto Loe, dan warga setempat.

Latar belakang program kerja mahasiswa KKN Unhas berupa sosialisasi mengenai pemanfaatan pekarangan karena melihat banyaknya lahan pekarangan yang menganggur.

"Berangkat dari alasan itulah, kami dari mahasiswa KKN Unhas di Desa Bonto Loe berinisiatif untuk membuat sosialisasi tersebut. Supaya lahannya bermanfaat dan menghasilkan," kata Fildza.

Setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, mahasiswa KKN kemudian memberikan contoh dengan praktik kepada masyarakat di pekarangan Kantor Desa Bonto Loe.

Mahasiswa dan peserta sosialisasi kemudian menanam jenis sayuran seperti kangkung, bayam batik dan sawi yang bibitnya diberikan dari Kantor Dinas Ketahanan Pangan Bantaeng.

Baca: Mahasiswa KKN Unhas Kelurahan Lumpue Parepare Sumbang 200 Buku

Baca: Mahasiswa KKN Unhas Ingatkan Pentingnya PHBS dan Sampah pada Usia Dini

Hadir juga Karang Taruna setempat dan Ketua PKK Desa Bonto Loe Nurintan untuk menanam sayur-sayuran di pekarangan Kantor Desa Bonto Loe.

"Kegiatan mengenai bagaimana cara memanfaatkan pekarangan sebagai sumber gizi dan pendapatan keluarga ini sangat bagus. Agar warga paham dan bisa mempraktikannyam," kata Nurintan.

"Saya harap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan contoh pemanfaatan di Pekarangan Kantor Desa, masyarakat dapat melakukan apa yang telah mahasiswa KKN Unhas lakukan," lanjutnya.

"Apalagi dengan pemnafaatan media tanam seperti sabut kelapa yang di sini jumlahnya sangat banyak," pungkas Nurintan.

Dengan program kerja tersebut, harapannya masyarakat mampu memenuhi kebutuhan sayur-sayuran untuk keluarga sendiri.

Bahkan jika hasilnya melimpah bisa dijual ke pasar dan membantu ekonomi keluarga. (*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved