Tim PKM Dosen UNM Latih Warga Desa Lasitae Tanete Rilau Barru Olah Rumput Laut

Kegiatan yang bertempat di rumah kepala Desa Lasitae ini dihadiri oleh karang taruna Desa Lasitae dan Ibu-Ibu kelompok perempuan setempat.

Tim PKM Dosen UNM Latih Warga Desa Lasitae Tanete Rilau Barru Olah Rumput Laut
Mahasiswa UNM/Lestari
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar pelatihan pengolahan rumput laut di Kabupaten Barru, Minggu (21/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar pelatihan pengolahan rumput laut di Kabupaten Barru, Minggu (21/7/2019).

Mereka tim tersebut adalah Ratmawati, Ernawati S Kaseng, dan Ratnawaty Fadilah. Seminar ini mengusung tema "Program Diversifikasi Olahan Rumput Laut Di Desa Lasitae, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

Foto-foto Rumah Mewah Laudya Cyhthia Bella & Suaminyanya Penguasaha Kaya Raya, Ini Bocorannya

Pabrik Es Kembang Ragi Jampea Selayar Ditutup Sementara

Ribuan Nasabah Pindahkan Saldo Tambahan ke Rekening Lain, Bisakah Bank Mandiri Memintanya Kembali?

KEPOIN YUK Ramalan Zodiak Senin 22 Juli 2019, Taurus Kreatif dan Leo Jangan Keras Kepala

Pleno Penetepan Caleg DPRD Parepare, Golkar Peroleh Kursi Terbanyak

Kegiatan yang bertempat di rumah kepala Desa Lasitae ini dihadiri oleh karang taruna Desa Lasitae dan Ibu-Ibu kelompok perempuan setempat.

Ketua PKM UNM Ratmawati mengatakan pelatihan ini digelar untuk memberikan inovasi terbaru dalam mengembangkan hasil laut Desa Lasitae. Apalagi Barru merupakan salah satu penghasil rumput laut terbesar di Sulawesi Selatan.

"Saya melihat cukup potensial dan sangat bisa memberikan inovasi-inovasi baru didalam pengelolahan rumput laut ini. Jadi kami memilih lokasi ini karena memang lokasi inj kami tau sebagai salah satu penghasil rumput laut terbanyak di Sulawesi Selatan," katanya dalam rilis yang diterima Tribun Timur, Senin (22/7/2019).

Kepala Desa Lasitae, Kartini Baharuddin menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan tim PKM di Desa Lasitae untuk mengadakan pelatihan tersebut.

Ia juga menjelaskan kondisi bahwa hasil olahan rumput laut di Desa Lasitae yang sempat menurun beberapa tahun terakhir.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar pelatihan pengolahan rumput laut di Kabupaten Barru, Minggu (21/7/2019).
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar pelatihan pengolahan rumput laut di Kabupaten Barru, Minggu (21/7/2019). (Mahasiswa UNM/Lestari)

"Satu tahun terakhir ini petani rumput laut agak sedikit berkurang karena kondisi kemarin sempat harga rumput laut untuk yang kering itu harganya anjlok. Jadi ada beberapa petani rumput laut yang mengurangi kegiatannya karena itu kondisinya yang biaya sangat tinggi sedangkan hasil untuk panennya kurang," jelasnya.

Terakhir Ernawati S Kaseng menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan peluang usaha kepada ibu-ibu di Desa Lasitae mengingat bahwa harga untuk memproduksi rumput laut tersebut sangat mahal.

"Menurut informasi kami ternyata biaya yang digunakan untuk memproduksi rumput laut ini sangat mahal, sedangkan pas kita panen harganya murah, anjlok. Makanya kita datang memberikan pelatihan kepada ibu-ibu agar dapat mengolah rumput laut menjadi berbagai jenis olahan makanan seperti selai, es buah, bakso, dan nugget," katanya. (*)

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved