Jenderal (Purn) M Jusuf Saksi Kunci Supersemar Segera Jadi Pahlawan Nasional

Mari berdoa, setahap lagi, Panglima ABRI/Menhankam RI (1978-1983) Jenderal M Jusuf (23 Juni 1928 — 8 September 2004)

Jenderal (Purn) M Jusuf Saksi Kunci Supersemar Segera Jadi Pahlawan Nasional
REPRO
Jenderal (Purn) M Jusuf 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mari berdoa, setahap lagi, Panglima ABRI/Menhankam RI (1978-1983), almarhum Jenderal (Purn) M Jusuf (23 Juni 1928 — 8 September 2004), akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Jika tak ada aral melintang, gelar itu akan dianugerahkan oleh Presiden Joei, pada peringatan Hari Pahlawan Nasional, di Istana Negara, 10 November 2019 mendatang.

Semoga Jenderal M Jusuf akan menjadi pahlawan nasional ke-180 dan tokoh ke 10 asal Sulsel yang meraih gelar “tahunan dari presiden” ini. 

Rencana pemberian gelar kehormatan dari negara itu, terungkap dalam diskusi formil antara Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Kemensos RI, dan Dinas Sosial Pemprov Sulsel, Sabtu (20/7/2019) siang, di Jl Andi Pangerang Petta Rani, Panakkuang, Makassar, Sulsel.

“Jenderal M Jusuf sangat pantas mendapat gelar itu,” kata Sekretaris Provinsi Sulsel M Hayat, saat memimpin diskusi.

Diskusi ini merupakan rangkaian tahap verifikasi lapangan TP2PG, Kemensos RI, dan Badan Perpustakaan Nasional RI selama empat hari di Sulsel (18 - 21 Juli 2019).

Hasil dari verifikasi ini dengan nomor surat Nomor: 684/3.4/PB.05.01/07/2019 ini, selanjutnya akan jadi rujukan Sekretariat Negara untuk menerbitkan Surat Keputusan Presiden RI yang diteken presiden awal November 2019.

Baca: Kenangan 2 Jusuf Bugis di Jepang, “Cuma Saya yang Bisa Traktir Jenderal M Jusuf”

Hadir menjadi narasumber utama, antara lain sejawat dan seperjuangan sang jenderal, Mayjen TNI (Purn) Andi Bachtiar (98) yang juga Ketua Legiun Veteran RI Sulsel, Ketua Tim Ahli Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran RI sekaligus Anggota Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) Mayjen TNI (Purn) H Bantu Hardjijo S IP, M Syarif Bando selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI dan Ketua Peneliti, Kadis Sosial Sulsel Andi Ilham Gazaling, Luberto JS Azis (PPNPN pada Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Kemensos RI), Tugimin, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) dan Kepala Seksi Seleksi dan Indentifikasi di Kemensos.

Surat tugas tim.
Surat tugas tim. (HO)

Dalam dua hari terakhir, Tim TP2TG yang beranggotakan 9 orang ini, juga memverifikasi 7 jejak dan peninggalan sang jenderal di Kota Makassar.

Baca: Volvo 5000 km dan Belati Amerika, Cara BPK Kenang Jenderal M Jusuf

Ketujuh lokasi yang dikunjungi itu, antara lain Balai Prajurit Manunggal di Jl Jend Sudirman, Rumah Sakit Jaury Jusuf Putra (Jl Jenderal M Jusuf), Masjid Almarkaz Al Islami (Jl Masjid Raya, eks kediaman sang jenderal di Jl Sungai Tangka, ruas Jl Jenderal Jusuf, serta peninjauan ke Makan Jenderal di Kompleks TPU Panaikang, di samping TMP Panaikang Makassar.

Tim di rumah peninggalan almarhum Jenderal (Purn) M Jusuf di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sulsel.
Tim di rumah peninggalan almarhum Jenderal (Purn) M Jusuf di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sulsel. (HO)
Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved