IDEC: NH dan RMS Penentu Pilkada Serentak di Sulsel 2020, Nurdin Abdullah Belum Direkeng

Hasil kajian Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC). Pilkada Serentak di Sulsel akan digelar September 2020.

IDEC: NH dan RMS Penentu Pilkada Serentak di Sulsel 2020, Nurdin Abdullah Belum Direkeng
handover
Direktur IDEC Rahmad Arsyad 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 12 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada September 2020 mendatang.

Lalu siapakan sosok dan partai politik (parpol) yang berpengaruh menentukan arah pilkada kabupaten/kota di daerah ini?

Jika pertanyaan tersebut ditanyakan ke Indonesia Development Engineering Consultant (IDEC), maka berdasarkan hasil kajiannya, Golkar dan Nasdem disebut parpol paling berpengaruh saat ini.

Direktur Riset IDEC Dr Rahmad Arsyad beralasan, berdasarkan hasil pemilu legislatif 2019 lalu dua kekuatan politik penentu pada sejumlah pilkada di Sulsel 2020, berada pada dua poros kekuatan partai politik yakni Golkar dan Nasdem.

Kedua partai ini memiliki potensi perolehan kursi di DPRD kabupaten yang cukup signifikan sebagai syarat pengusungan calon.

Kabupaten Maros misalnya, Golkar memiliki 7 kursi yang tanpa berkoalisi Golkar dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati sendiri.

“Sementara Nasdem mengantongi 5 kursi yang berarti hanya membutuhkan 2 kursi tambahan untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Maros,” papar Rahmad yang juga alumni Unhas ini melalui rilisnya yang diterima tribun-timur.com, Minggu (21/7/2019).

Adapun di Kota Makassar, jelasnya, Nasdem berpeluang untuk menjadi penentu arah koalisi dengan mengantongi 6 kursi.

Gelapkan Uang Nasabah, Satreskrim Polres Pangkep Tangkap Oknum Developer Perumahan Matahari Indah

Impian Putri Amelia Bersekolah Kandas, Kini Jualan Kue Membantu Sang Ibu Cari Nafkah

Demikian juga Golkar hanya membutuhkan 5 kursi tambahan untuk membentuk koalisi calon wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang membutuhkan 10 kursi untuk mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Sementara di Kabupaten Barru kedua partai ini memiliki kursi yang sama yakni lima kursi.

Halaman
12
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved