Kembangkan Wisata Laut, Dinas Pariwisata Bone Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Novena, Kecamatan Tanete Riattang Barat dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata

Kembangkan Wisata Laut, Dinas Pariwisata Bone Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam
justang/tribunbone.com
Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar pelatihan pemandu wisata selam (diving guide). 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar pelatihan pemandu wisata selam (diving guide), Senin-Rabu (15-17/7/2019).

Hal itu dilakukan untuk pengembangan destinasi wisata laut dan peningkatan kualitas pelayanan terhadap wisatawan dan untuk memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Novena, Kecamatan Tanete Riattang Barat dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, Andi Ikhwan Burhanuddin.

Serta praktek diving guide berlangsung di kolam renang Tanjung Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Bone, Andi Ikhwan Burhanuddin mengatakan, panjang pantai di Kabupaten Bone mencapai 138 kilometer, jika digarap secara maksimal maka sangat berpotensi menjadi objek wisata bahari.

Olehnya itu, melalui pelatihan pemandu wisata alam selam diharapkan peserta akan menjadi guide profesional yang tidak hanya mensosialisasikan keelokan panroma bawah laut kepada masayarakat.

“Denga kegiatan diving guide ini bisa mendampingi wisatawan yang datang untuk melihat keindahan isi laut kita tidak mau tidak kalah dengan tempat lain,”kata dalam rilis Humas Setda Bone, Selasa (16/7/2019).

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa sumber daya masyarakat lokal harus ditingkatkan terutama yang menekuni usaha jasa wisata agar dapat meningkatkan perekonomian.

Selain itu, masih kata dia, sumber daya manusia yang handal masyarakat lokal dapat mengelola perairan Tekuk Bone yang memiliki pantai cukup luas.

"Kami berharap masyarakat yang mengikuti pelatihan ini mengikutinya dengan baik hingga selesai sehingga ilmu yang didapat bermanfaat nantiya.," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Deatinasi Pariwisata, Andi Muhammad Faizal, mengatakan, kegiatan pemandu wisata selam (dive guide) ini akan berlangsung selama tiga hari.

"Hari pertama itu kita menghadirkan instruktur profesional sebagai pemateri sekaligus pelatih dan hari pertama materinya itu pengenalan peralatan menyelam dan cara pemnggunakan mulai dari masker, snorkeling, wet suit, glove, boots dan lainnya selanjutnya dilanjutkan praktek. Sementara untuk peserta yang hadir itu ada sebanyak 100 orang."ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting selenggarakan karena Kabupaten Bone merupakan daerah memiliki potensi destinasi wisata yang berada di laut.

"Daerah kita ini tujuan wisata, kita punya laut, bisa selam, bagaimana bisa kita mempromosikan wisata selam kalau SDM kita tidak siap. Olehnya itu dengan dukungan kegiatan ini semoga para peserta bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini untuk kedepannya nanti,"tutupnya.(TribunBone.com).

Laporan Wartawan TribunBone.com @juzanmuhammad

Penulis: Justang Muhammad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved