Ini Inovasi Disdikpora Majene untuk Pelatihan Aplikasi RKAS Online

Kepala Disdikpora Majene, Iskandar menjelaskan, sistem tutorial gugus sekolah diterapkan untuk efektivitas dan efisiensi.

Ini Inovasi Disdikpora Majene untuk Pelatihan Aplikasi RKAS Online
edy jawi/tribunmajene.com
Disdikpora Majene melatih perwakilan tiap gugus sekolah untuk pengelolaan aplikasi RKAS online di ruang pola kantor Bupati Majene, Selasa (16/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene menggulirkan pelatihan aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) online berbasis tutorial gugus sekolah.

Kick off pelatihan aplikasi RKAS online berbasis tutorial gugus sekolah ini dilangsungkan di ruang pola Kantor Bupati Majene, Selasa (16/7/2019).

Kepala Disdikpora Majene, Iskandar menjelaskan, sistem tutorial gugus sekolah diterapkan untuk efektivitas dan efisiensi. Melalui sistem ini, yang dilatih pengelolaan aplikasi RKAS Online yakni koordinator sekolah di tiap gugus.

"Mereka nantinya akan menjadi mentor atau pelatih bagi bendahara atau operator sekolah di lingkungan gugusnya," jelas Iskandar.

Tak hanya itu, koordinator gugus juga nantinya menjadi wadah konsultasi dan koordinasi tiap sekolah.

Dengan demikian, Disdikpora tidak harus melayani seluruh sekolah dengan permasalahan yang hampir sama. Tapi masalah yang dihadapi dapat dikonsultasikan dengan tiap koordinator.

Mantan Asisten I Pemkab Majene ini menjelaskan, tujuan penerapan sistem itu untuk meningkatkan kesadaran kolektif kepala sekolah sebagai pengguna anggaran dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sehingga dapat mendukung pengelolaan dana BOS yang tertib dan taat aturan.

"Sekaligus meningkatkan kinerja pengelolaan dana BOS oleh bendahara dan operator sekolah dan membangun penyamaan persepsi dana implementasi dalam pengelolaan dana BOS di lingkungan sekolah," jelasnya.

Dijelaskan, Disdikpora Majene saat ini membina dan mengawasi 200 lebih sekolah penerima dana BOS. Melalui koordinasi sistem gugus dinilai lebih efektif dan efisien. Ketimbang melatih seluruh sekolah.

Cukup satu gugus satu perwakilan sekolah yang dibekali pengelola aplikasi RKAS online. Selanjutnya mereka yang akan melatih sekolah di gugusnya masing-masing. (Tribun Majene.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @edyatmajawi

Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved