Yuk ke Festival Sempugi di Wajo, Ada Permainan Tradisionalnya

Kegiatan yang mempertemukan masyarakat Bugis di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, dan Kabupaten Soppeng.

Yuk ke Festival Sempugi di Wajo, Ada Permainan Tradisionalnya
Humas Pemkab Wajo
Festival Serumpun Budaya Bugis (Sempugi) 2019 digelar di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Sengkang, Kabupaten Wajo, Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Festival Serumpun Budaya Bugis (Sempugi) 2019, bakal digelar di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Sengkang, Kabupaten Wajo, Sabtu (13/7/2019).

Kegiatan yang mempertemukan masyarakat Bugis di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, dan Kabupaten Soppeng, bakalan berlangsung hingga Minggu (14/7/2019) besok.

Baca: Menang 2-1 dari Bhayangkara, 1 Pemain PSM Dilarikan ke Dokter Gigi

Baca: Banyak Promo di TSM, Buy One Get One Sampai Diskon 70 %

Diketahui, Festival Sempugi yang merupakan momentun mengenalkan budaya bugis, telah dilakukan sejak 20 tahun lalu dan diprakarsai Ajiep Padindang.

Sejumlah rangkaian acara bakalan menghiasi Festival Sempugi 2019, mulai dari permainan tradisional, pegelaran budaya, dialog, pengkajian kebudayaan, pertunjukan seni tari, hingga kunjungan ke situs kebudayaan.

"Acara ini festival, bukan perlombaan. Dilaksanakan di Wajo karena Bugis pertama adalah kerajaan Wajo, di sini dulu adalah permukiman besar sebelum Tosora, di sinilah kerajaaan pertama yang merupakan ibukota pertama sebelum Tosora," kata Ajiep Padindang dalam orasi kebudayaannya.

Anggota DPD RI tersebut mengharapkan, seluruh kebudayaan bugis yang ada, seperti Massure, Maccera Arajang, dan Lipa Sabbe untuk didaftarkan supaya menjadi hak paten masyarakat Bugis.

"Sudah mulai luntur dalam budaya dan bahasa kita sendiri, olehnya itu kita harus melestarikan kebudayaan kita sendiri tentunya dengan diadakannya acara semacam ini," katanya.

Hadir pada acara tersebut sejumlah pemerhati budaya serumpun Bugis yabg tersebar di Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone dan Kabupaten Soppeng. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur @dari_senja

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved