Mahasiswa PKL Institut Teknologi Bandung Belajar Transplantasi Karang di Selayar

Koordinator PEH Balai TN Taka Bonerate Selayar Saleh Rahman, mempresentasikan rencana pemulihan ekosistem terumbu karang.

Mahasiswa PKL Institut Teknologi Bandung Belajar Transplantasi Karang di Selayar
asri
Koordinator PEH Balai TN Taka Bonerate Selayar Saleh Rahman mempresentasikan rencana pemulihan ekosistem terumbu karang, dengan transplantasi karang dengan menggunakan metode Mars Assisted Reef Restoration System (MARRS) 

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Sejumlah mahasiswa Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB), melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Selayar.

Koordinator PEH Balai TN Taka Bonerate Selayar Saleh Rahman, mempresentasikan rencana pemulihan ekosistem terumbu karang, dengan transplantasi karang dengan menggunakan metode  Mars Assisted Reef Restoration System (MARRS).

VIDEO: Alumnus Kedokteran Unhas Ini Senang Bisa Berangkat Haji

VIDEO: Kappuna Junior ke Semifinal Gaslut Cup II Usai Tumbangkan Transad FC

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Fungsional Balai TN Taka Bonerate Selayar, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Ada tiga pengembalian daya dukung kawasan/pemulihan ekosistem di TNTBR yaitu mekanisme alami, rehabilitasi dan restorasi," ujar Saleh, Sabtu (13/7/2019)pagi.

Salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya, Arik, mengaku metode ini terbilang baru didengar.

"Dari foto hasil transplantasi, pertumbuhan karang tersebut lumayan cepat dan alami,"tuturnya. 

Pasalnya, tahap restorasi dan rehabilitasi melalui transplantasi karang metode MARRS rangka laba-laba, dan metode ini sudah dijalankan sejak tahun 2017 di TN Taka Bonerate Selayar.

Namun metode yang digunakan masih ada sedikit kekurangan. Meski demikian  tetap harus selalu berupaya agar ekosistem laut, bisa terus lestari dan berkelanjutan. 

Pemulihan ekosistem sangatlah penting, dan masyarakat harus ikut terlibat, di dalamnya. Sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap ekosistem laut.

Sekedar diketahui, terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang, yang membentuk struktur kalisum karbonat.

Hal itu semacam batu kapur yang bersimbiosis dengan Zooxanthella. Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut.

Halaman
12
Penulis: Nurwahidah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved