Pemkab Gowa Raih Penghargaan Pastika Parama

Hal itu dibuktikan dengan adanya Perda Kawasan Tanpa Rokok yang telah diterapkan di Gowa melalui Perda Nomor 3 Tahun 2017.

Pemkab Gowa Raih Penghargaan Pastika Parama
Humas Pemkab Gowa
Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima penghargaan Pastika Parama dalam acara Puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau se-Dunia 2019.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Auditorium Prof Dr G.A.Siwabessy, Kantor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis (11/7/2019) siang.

Pemkab Gowa berhasil meraih penghargaan atas Prestasi Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Bebas Rokok

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek ini kepada Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio yang hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr H Hasanuddin.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr H Hasanuddin, ada beberapa kriteria untuk memperoleh penghargaan Pastika Parama.

Hal itu dibuktikan dengan adanya Perda Kawasan Tanpa Rokok yang telah diterapkan di Gowa melalui Perda Nomor 3 Tahun 2017.

Perda tersebut mengatur tentang Kawasan Bebas Rokok dan ada juga salinan Perbup pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan pembentukan Satgas pelaksana pemantau KTR.

“Kita juga libatkan OPD, sekolah dan pesantren untuk melaksanakan Perda Kawasan Tanpa Rokok ini,” ujarnya.

Hasanuddin menambahkan, dengan adanya Perda KTR ini diharapkan dapat menekan atau mengurangi orang-orang yang merokok pada kawasan tertentu.

"Kawasan dimana orang tidak boleh merokok yakni kawasan perkantoran, sekolah dan tempat pelayanan umum. Kalau pun mereka mau merokok, pihak terkait akan menyediakan ruangan untuk merokok sehingga tidak mengganggu orang lain karena asap rokok,” jelasnya. (**)

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved