Tingkat Perceraian dan Pernikahan Siri Terus Meningkat, Aceh Wacanakan Legalkan Poligami

Qanun Hukum Keluarga yang salah satu isi babnya melegalkan poligami sudah sangat diperlukan untuk diterapkan di Aceh.

Tingkat Perceraian dan Pernikahan Siri Terus Meningkat, Aceh Wacanakan Legalkan Poligami
Tingkat Perceraian dan Pernikahan Siri Terus Meningkat, Aceh Wacanakan Legalkan Poligami 

TRIBUN-TIMUR.COM-Ketua Komisi VII DRPA Aceh, Musannif menyebut, Qanun Hukum Keluarga yang salah satu isi babnya melegalkan poligami sudah sangat diperlukan untuk diterapkan di Aceh.

Alasannya, berdasarkan data yang mereka peroleh dari Mahkamah Syariah Aceh, beberapa tahun terakhir ini angka perceraian di Aceh lebih tinggi dari angka nasional serta banyaknya pernikahan siri.

DPR Aceh selanjutnya akan mengagendakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan seluruh pihak terkait soal Qanun ini pada 1 Agustus 2019. 

Respon Mendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan hingga hari ini pihaknya belum menerima usulan atau konsultasi mengenai rancangan qanun atau peraturan daerah di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang membahas masalah poligami.

Menurut Mendagri setiap rancangan Perda selalu dikonsultasikan dengan Kemendagri.

“Sampai saat ini saya belum menerima usulan atau kajian mengenai rancangan perda tersebut,” ungkap Tjahjo ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

“Biasanya memang dikonsultasikan ke Kemendagri, apakah bertentangan dengan undang-undang, akankah nanti ada saling tumpang tindih atau tidak,” pungkasnya.

Baca: Ulama Dukung Pemerintah Legalkan Poligami dan Jelaskan Sisi Positifnya, Istri Gubernur Merespon

Pemerintah Provinsi Aceh dan DPR Aceh diketahui tengah membahas rancangan Qanun Hukum Keluarga yang isinya mengatur poligamidengan alasan maraknya praktek nikah siri yang tidak certatat oleh negara dikarenakan seorang pria ingin menikah lagi.

Menurut anggota DPRA praktek nikah siri itu memperlemah tanggung jawab pria terhadap istri yang dinikahi secara siri termasuk tanggung jawab kepada anaknya.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved