CPNS 2019

BKN Cari Teknologi Baru untuk Seleksi CPNS, ITB Tawarkan Smart-Edu, Cukup Pakai Smartphone

BKN sedang mencoba mengeksplorasi teknologi terkini untuk diadopsi ke dalam sistem rekrutmen saat ini.

BKN Cari Teknologi Baru untuk Seleksi CPNS, ITB Tawarkan Smart-Edu, Cukup Pakai Smartphone
abdiwan/tribuntimur.com
BKN Cari Teknologi Baru untuk Seleksi CPNS 2019, ITB Tawarkan Smart-Edu, Cukup Pakai Smartphone 

 TRIBUN-TIMUR.COM-Pemerintah akan menyelenggarakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN), baik PPPK 2019 maupun CPNS 2019.

Pendaftaran PPPK 2019 disebut akan digelar pada pertengahan Agustus 2019. Sementara CPNS 2019 baru akan digelar pada Oktober 2019.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, seleksi CPNS 2019 dan PPPK 2019 masih sama dengan tahun sebelumnya dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

ilustrasi tes CAT CPNS 2018
ilustrasi tes CAT CPNS 2018 ()

Dikutip dari laman resmi bkn.go.id, Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan model baru sistem seleksi yang akan dipakai untuk rekrutmen ASN.

Hal tersebut mencuat dalam pertemuan yang dilakukan BKN dengan pihak rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB) di Gedung Kampus ITB pada Selasa, (9/7/2019).

Pertemuan tersebut untuk membahas secara khusus sistem rekrutmen ASN melalui Computer Assisted Test (CAT) yang sudah dilaksanakan BKN dalam beberapa kurun waktu belakangan ini.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menuturkan, BKN sedang mencoba mengeksplorasi teknologi terkini untuk diadopsi ke dalam sistem rekrutmen saat ini.

pertemuan BKN dengan pihak ITB
pertemuan BKN dengan pihak ITB (BKN)

Pertemuan kedua pihak ini masih dalam tahapan pembahasan peluang kerja sama perihal jenis teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan sistem rekrutmen yang ada saat ini.

Pada kesempatan itu, beberapa perwakilan ITB juga memaparkan sistem teknologi yang dibangun oleh pihaknya, misalnya pelaksanaan ujian dengan teknologi smartphone yang mereka sebut dengan smart-edu.

Selain itu juga dipaparkan tentang pengembangan sistem soal bagi peserta yang berkebutuhan khusus, mengingat Pemerintah juga membuka formasi disabilitas untuk rekrutmen ASN.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved