VIDEO: 4 Pemuda di Toraja Utara Ubah Pakaian Bekas Jadi Pot Bunga

Kerajinan pemuda Toraja tersebut dapat dijumpai di jalan poros Rantepao-Makale, Kelurahan Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara.

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Empat pemuda Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini patut di contoh oleh warga lainnya di Kabupaten Toraja Utara.

Mereka memanfaatkan pakaian bekas sebagai pot bunga dengan menggunakan bahan campuran semen.

BIODATA Ismail Fajrie Alatas, Tunangan Tsamara Amany, Selisih 13 Tahun & Dosen di New York

Agustus, RSUD dr Palemmai Tandi Kota Palopo Beroperasi

Kerajinan pemuda Toraja tersebut dapat dijumpai di jalan poros Rantepao-Makale, Kelurahan Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berawal dari keprihatinan terhadap baju bekas yang dibuang saja dan dijadikan lap, Andi Candra  bersama tiga orang rekannya memanfaatkannya sebagai hiasan pot bunga yang bermacam-macam model.

Empat pemuda yang masing-masing memiliki keterampilan yang berbeda pada usaha itu yaitu Andi Candra bertugas sebagai bagian pengecetan dan lukisan, Jayadi bagian cetak pot, Akmal produksi pot dan Uqra bagian besi.

"Kami hanya kumpul, cerita warung kopi dan berfikir apa yang kita buat, maka muncul ide dari kain bekas dan kami memulainya awal Januari," ucap salah satu pengrajin, Andi Candra, Selasa (09/7/2019).

Lanjutnya, setelah melewati tiga bulan modal pertama membuat pot adalah semen dan baju bekas yang diambil di rumah masing-masing.

"Kami terus mencoba dengan ide yang muncul dan hasilnya bisa dijual dengan bermacam-macam model, ada pot, hiasan rumah, tempat lampu hias dan itu semuanya dari bahan kain dan semen," tambah Chandra.

Pot yang sudah dihias berkisar harga mulai dari Rp 35 Ribu hingga Rp 80 Ribu, tergantung ukuran pot.

Chandra mengatakan, dalam satu pot kecil bisa menghabiskan satu baju dan jika pot besar membutuhkan kain satu meter persegi.

Salah satu pengrajin, Andi Candra mengecet pot yang sudah dikeringkan di jalan poros Rantepao-Makale, Kelurahan Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulsel.
Salah satu pengrajin, Andi Candra mengecet pot yang sudah dikeringkan di jalan poros Rantepao-Makale, Kelurahan Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulsel. (Risnawati/Tribun Timur)
Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved