Putra Putri Tana Toraja Ini Raih Juara di Ajang Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2019

Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2019, Yolan S Pratama berhasil mendapat gelar juara 1 dan Malvin Yoga Utama Kalalembang

Putra Putri Tana Toraja Ini Raih Juara di Ajang Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2019
Febe Tolan
Pemenang dan peserta pada pemilihan Duta Wisata Sulsel 2019 asal Tana Toraja berfoto bersama Bupati Nicodemus Biringkanae saat menyerahkan piala di Rujab Bupati Tana Toraja di Kecamatan Makale, Tana Toraja. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Empat putra putri mengharumkan nama daerah Tana Toraja di ajang pemilihan Duta Wisata Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2019.

Ajang yang dilaksanakan di Kota Makassar itu, Pemkab Tana Toraja mengutus empat orang yaitu Rara Kristalia (17), Malvin Yoga Utama Kalalembang (17), Yolan S Pratama (21) dan Irna Bunga (20).

Sebelumnya, pada tahun 2018 putra-putri Novianti Djohan (22) dan Rompas Sollu (19) berhasil masuk top 12 menangkan kategori best persahabatan duta wisata mewakili Tana Toraja.

Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2019, Yolan S Pratama berhasil mendapat gelar juara 1 dan Malvin Yoga Utama Kalalembang raih juara pada kategori best favorit untuk aplikasi GoJek.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa Biringkanae mengatakan, harapannya duta wisata dapat menjadi bagian terdepan dalam menggali, memperkenalkan hingga menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah Tana Toraja.

"Duta wisata ekspektasi serta filosofi daerah, sehingga pemenang diharapkan dapat memahami dan menjalankan segala keagungan budaya luhur daerah Tana Toraja dalam mempromosikan pariwisata secara luas dalam maupun luar negeri," ucap Rospita dalam rilisnya, Selasa (09/7/2019).

Pemenang Duta Wisata Sulsel asal Tana Toraja kembali ke kampung halaman membawa piala penghargaan dan dipersembahkan kepada daerah.

Piala diserahkan ke Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae di Rujab Bupati Tana Toraja di Kecamatan Makale.

Bupati Nicodemus mengungkapkan rasa bangga kepada generasi muda Toraja yang ikut bersaing di tingkat Provinsi Sulsel demi memajukan nama daerah dan mempromosikan pariwisata serta budaya Toraja.

"Generasi muda ini, harapannya dapat menjadi wajah bagi Tana Toraja dalam mempromosikan wisata dan budaya kita ke dunia luar, dan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Toraja terutama bagi generasi muda agar lebih berani bersaing dalam ajang tersebut," tutur Nico.

Pemenang Duta Wisata Sulsel, Yohan S Pratama akan mengikuti kompetisi tingkat nasional Duta Wisata Indonesia di Bali pada bulan November 2019 mendatang.

Selain itu, Finalis Duta Wisata 2018, Novianti Djohan akhir Juni 2019 juga akan mengikuti kompetisi pemilihan Putra-putri Sulsel dan berhasil meraih top 15 menangkan kategori sosial.

"Kesempatan diberikan sebagai finalis Duta Wisata 2018 memberikan saya pengalaman sangat berarti, dan saya ingin menunjukkan bahwa generasi muda Toraja mampu bersaing di ajang-ajang seperti ini," kata Novianti.

Novianti berharap, melalui pencapaian ini dapat menginspirasi pemuda-pemudi Toraja agar lebih maju membawa harum nama Tana Toraja, yang tidak hanya pada bidang pariwista dan budaya, tapi melalui kegiatan lain.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved