Pemda dan Oxfam Indonesia Kerjasama Entaskan Kemiskinan di Luwu Utara

Menurut Indah, kolaborasi penting sebagai upaya bersama dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pemda dan Oxfam Indonesia Kerjasama Entaskan Kemiskinan di Luwu Utara
chalik/tribunlutra.com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani audience dengan Oxfam Indonesia di Command Center Pemda Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Selasa (9/7/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Era kompetisi telah berakhir, saatnya kolaborasi.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat audience dengan Oxfam Indonesia di Command Center Pemda Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Selasa (9/7/2019).

Menurut Indah, kolaborasi penting sebagai upaya bersama dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Tantangan bagi kita bagaimana berkolaborasi menurunkan angka kemiskinan. 2017 lalu dari data BPS, pertumbuhan ekonomi Luwu Utara mencapai 7,6% dan gini ratio 0,225," ujar Indah.

"Bicara kesenjangan kita tidak menemukan itu sebab pertumbuhan ekonomi, angka kesenjangan belum berpengaruh positif terhadap angka kemiskinan. Hal ini juga
disumbang dari persoalan aksesibilitas, dan kita berharap kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah dua tahun ini dapat membuka akses yang terisolir," Indah menambahkan.

Selain itu, Indah menegaskan komitmen pemerintah dalam pemenuhan hak atas pangan.

"Saat ini ada tiga lembaga yang bergerak di Luwu Utara. Audience kita hari ini bertujuan untuk implementasi projek, sinergi antara Oxfam dan Pemda terkait keberlanjutan, akselerasi program pusat dan pemda terkait kedaulatan pangan, juga retribusi lahan," katanya.

"Di samping itu KRKP bersinergi terkait penguatan kelembagaan petani, penguatan tata kelola kebijakan pertanian di Luwu Utara, penguatan Dewan Ketahanan Pangan sehingga kendala yang kita temui bisa kita lakukan pembenahan," jelasnya.

Sementara itu, Widiyanto selaku Project Manager Oxfam di Indonesia mengharapkan dukungan dan sinergi dari Pemda.

"Dengan upaya kolaborasi untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan, pengurangan kemiskinan, ketahanan pangan, dan pengurangan ketimpangan. Kita harapkan kita semua bisa membangun model kolaborasi yang insentif sehingga saling mengisi satu sama lain," harapnya.

Oxfam adalah sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang berfokus pada pembangunan penanggulangan bencana dan advokasi, bekerja sama dengan mitra lainnya untuk mengurangi penderitaan di seluruh dunia.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved