Istri Abu Tours Lawan Vonis Hakim, JPU Ajukan Kontra Kasasi ke MA

Ia siap menanggapi kasasi yang diajukan kuasa hukum terdakwa melalui kontra kasasi.

Istri Abu Tours Lawan Vonis Hakim, JPU Ajukan Kontra Kasasi ke MA
Sanovra/tribun-timur
Tiga terdakwa yakni Manager Keuanga Muh Kasim (kiri), Istri Hamzah Mamba, Nursyariah Mansyur (tengah) dan Komisaris Keuangan Haeruddin (kanan) mengikuti sidang lanjutan kasus dugaan penipuan, penggelapan dan pencucian uang 96 ribu calon jamaah umrah berlansung di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (16/01/19). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Istri CEO PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours), Nursyariah Mansyur, bersama dua terdakwa lainnya Haeruddin dan Muh Kasim telah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Makassar.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Barat pun tidak tinggal diam. Ia siap menanggapi kasasi yang diajukan kuasa hukum terdakwa melalui kontra kasasi.

"Ini sementara kita masukan kontra kasasinya," kata JPU Kejati Sulselbar, Nana Riana ditemui di Kantor Pengadilan Negeri Makassar, Senin (08/07/2019), sembari membawa sebuah map berisi kontra kasasi.

Sebelumnya Nursyariah dan dua rekanya Haeruddin dan Muh Kasim divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Makassar atas penggelapan dan pencucian uang 96 ribu calon jamaah senilai Rp 1,2 triliun.

Dalam putusanya, Nursyariah Mansyur divonis 19 tahun penjara dan denda Rp 300 juta dengan ketentuan subsider selama 1 tahun 2 bulan.

Sedangkan Manager Keuangan Abu Tours Muh Kasim divonis 16 tahun penjara dan Manager Marketing Abu Tours, Haeruddin dijerat hukuman 14 tahun penjara.

Atas putusan itu, ketiga terdakwa mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Makassar. Namun sayangnya putusan hakim PT tidak sesuai dengan harapan para terdakwa.

Hakim Pengadilan Tinggi kembali menguatkan putusan pengadilan tingkat pertama pada Pengadilan Negeri Makassar.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved