BKIPM Mamuju Latih Petambak Majene Periksa Kesehatan Ikan dan Udang

Kepala BKIPM Mamuju, Abdur Rohman menyampaikan, coaching klinik kerjasama dengan DKP Majene tersebut bertujuan

BKIPM Mamuju Latih Petambak Majene Periksa Kesehatan Ikan dan Udang
edy jawi/tribunmajene.com
BKIPM Mamuju menggelar coaching klinik pemeriksaan kesehatan ikan di tambak percontohan DKP Majene, Selasa (9/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE - Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Mamuju menggelar coaching klinik pemeriksaan kesehatan ikan dan udang di Majene.

Kepala BKIPM Abdur Rohman bersama jajarannya melatih petambak budidaya di daerah ini tentang metode pemeriksaan kesehatan ikan dan udang. Coaching klinik berlangsung di tambak percontohan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Majene di Barane, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur.

Kepala BKIPM Mamuju, Abdur Rohman menyampaikan, coaching klinik kerjasama dengan DKP Majene tersebut bertujuan membantu pembubidaya ikan dan udang. Sehingga mereka dapat mengetahui cara memelihara dan memeriksa kesehatan ikan dan udang.

"Ini juga merupakan kegiatan bulan bakti kami pada masyarakat nelayan maupun masyarakat pembudidaya," ujar Abdur Rohman, Selasa (9/7/2019).

Kata Abdur Rohman, pembudidaya juga dilatih memeriksa parasit yang menjangkiti ikan.

Tim BKIPM Mamuju lalu mengambil sampel parasit dari udang yang jadi sampel pemeriksaan. Selanjutnya akan diperiksa di laboratorium.

"Untuk dilakukan pengujian mikro biologi atau bakteri yang mengenai biota udang tersebut," jelasnya.

Ia berharap, petambak di Majene dapat menjaga kesehatan ikan dan udang yang dibudidayakan. Tak kalah penting yakni pemilihan benih yang harus memiliki jaminan kesehatan.

"Supaya masyarakat tidak merugi," katanya.

Kasi Pengelolaan Kawasan Budidaya DKP Majene, Abdullah mendukung penuh coaching klinik itu. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir masalah budidaya di daerah ini.

Kata Abdullah, selama ini salah satu kendala bagi petambak yakni bibit. Sebab bibit yang didatangkan kadang belum memiliki jaminan kesehatan.
"Kedepannya kita akan kerjasama Balai di Kabupaten Barru, DKP Majene akan memantau terus untuk menindaklanjuti harapan masyarakat," pungkasnya. (Tribun Majene.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @edyatmajawi

Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved