Umat Hindu Luwu Utara Gelar Utsawa Dharma Gita

Kegiatan yang diikuti 170 peserta diawali devile masing-masing kontingen kecamatan yaitu Bone-bone, Tanalili, Sukamaju, dan Mappedeceng.

Umat Hindu Luwu Utara Gelar Utsawa Dharma Gita
chalik/tribunlutra.com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah) di sela-sela pembukaan kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat Kabupaten Luwu Utara di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku, Kecamatan Bone-bone, Senin (8/7/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Empat kontingen kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Gita (UDG) atau yang lebih dikenal nyanyian suci keagamaan Hindu.

UDG berlangsung di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku, Kecamatan Bone-bone, dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang ditandai dengan pemukulan gong, Senin (8/7/2019).

Kegiatan yang diikuti 170 peserta diawali devile masing-masing kontingen kecamatan yaitu Bone-bone, Tanalili, Sukamaju, dan Mappedeceng.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan dua tahun sekali untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam membaca kitab suci Weda dan kidung-kidung keagamaan," ujar Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Luwu Utara, I Gusti Made Jandem.

Menurut I Gusti, tema tahun ini yaitu melalui UDG kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci Weda.

Made juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah.

"Terima kasih kami ucapkan pada ibu bupati atas perhatiannya di setiap kegiatan keagamaan, sehingga keamanan dan ketertiban terjalin dengan baik dan menjadikan Luwu Utara sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai harmonisasi antar umat beragama," katanya.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyebut kegiatan keagamaan harus rutin dilaksanakan guna tetap merawat dan menumbuhkan benih kebaikan.

"Kegiatan membaca, menyanyikan, dan menelaah isi teks-teks suci keagamaan itu tentulah harus lebih banyak digiatkan dan menjadi rutinitas sehingga selalu tersebar benih-benih kebaikan di daerah kita ini," katanya.

Lomba yang digelar pada UDG tahun ini adalah utsawa pembaca sloka, utsawa penghafal sloka, utsawa phalawakya, utsawa kekawin, utsawa dharma wacana dan debat keagamaan.

Pemenang mewakili Luwu Utara pada UDG tingkat Provinsi Sulsel.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved