Citizen Reporter

Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Bentuk Agang TB di Takalar

KKNPK menyatukan mahasiswa dari berbagai fakultas kesehatan Unhas seperti, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan.

Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Bentuk Agang TB di Takalar
Citizen Reporter
Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas, melatih kader Agang Tuberkulosis 

Citizen Reporter, Mahasiswa Kedokteran Unhas Nabila Zhavirah Arifin

Universitas Hasanuddin (Unhas), menggelar Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKNPK) di di tiga Kabupaten yaitu, Tana Toraja, Soppeng, dan Takalar.

KKNPK merupakan gabungan fakultas kesehatan Unhas seperti, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Farmasi.

KKNPK Unhas angkatan ke-58 menginisiasi tema "Pengendalian Tuberkulosis Berbasis Komunitas, dengan Pendekatan Interprofessional Education".

Salah satu program yang dilakukan yaitu, melatih kader Agang Tuberkulosis, yang berasal dari perwakilan lingkungan Kelurahan Pa'bundukang, di kantor Kelurahan Pa'bundukang, Kabupaten Takalar, mulai 5-6 Juli 2019.

Sebagaimana diketahui, tuberkulosis merupakan global emergency dan merupakan salah satu masalah kesehatan paling kompleks di Indonesia.

Sulawesi Selatan sendiri, berada pada peringkat ke-10 dengan jumlah penderita TB di Indonesia.

Olehnya itu, mahasiswa KKN Profesi Kesehatan memahami dengan baik, program kerja yang akan dilakukan terkait pengendalian TB.

Sebelumnya, telah melakukan pendataan atau skreening pasien TB di wilayah kelurahan Pa'bundukan, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, berdasarkan data dari pihak Puskesmas, Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar.

Selanjutnya program unggulan yaitu, pemberdayaan masyarakat dengan melatih kader kader kelurahan, yang peduli dan bersama sama mengendalikan TB di wilayah lingkungan masing-masing.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved