Citizen Reporter

Dosen PTSP UNM Gelar Workshop Guru SMK

Hal ini terjadi pada sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia, terutama pada program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti.

Dosen PTSP UNM Gelar Workshop Guru SMK
Citizen Reporter
Program Kemitraan Masyarakat 

Citizen Reporter Anas Arfandi (Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNM)

Perubahan merupakan suatu hal yang tidak mungkin dihindari. Karena itu, perubahan harus dapat diantisipasi dengan meningkatkan pemahaman dan wawasan dalam menghadapi perubahan tersebut.

Hal ini terjadi pada sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia, terutama pada program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti.

Seluncur Raksasa Jadi Wahana Favorit Pengunjung di Nipah Mall

Ketua Golkar Se-Sulsel Dukung Airlangga Maju Munas 2019

Perubahan spektrum SMK tahun 2016 pada program keahlian Teknologi Konstruksi, dan Properti menjadikan perubahan nama kompetensi keahlian beserta struktur kurikulumnya.

Mata pelajaran kelompok C2 mengharuskan para guru, harus memahami berbagai materi ajar yang baru. Salah satu diantaranya adalah mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah.

Salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran tersebut adalah memahami jenis-jenis konstruksi/bangunan, baik itu bangunan Gedung, Jalan, Jembatan, dan Irigasi.

Melihat fenomena tersebut Dr. Ir. Ahmad Rifqi Asrib, MT. beserta tim dibantu oleh Dr. Anas Arfandi yang merupakan dosen jurusan PTSP FT UNM, berupaya untuk meningkatkan pemahaman guru SMK program keahlian Teknologi Konstruksi, dan Properti agar lebih
memahami materi ajar mengenai Irigasi tersebut.

Hal ini didukung hasil wawancara sebelumnya dengan sebagian besar guru SMK, yang mengatakan masih kesulitan memahami materi Irigasi karena, materi tersebut baru akan diajarkan sejak pemberlakuan spektrum baru, sementara
para guru belum pernah mengajarkan sebelumnya.

Kegiatan workshop ini dilakukan dengan memadukan kegiatan pemberian materi secara klasikal serta kunjungan lapangan. Materi klasikal dilakukan di kampus UNM Parang Tambung serta di sekolah.

Selanjutnya dilakukan observasi langsung ke jaringan irigasi yang ada pada Daerah Irigasi Kampili, Daerah Irigasi Bissua, dan Daerah Irigasi Bili-bili.

Halaman
12
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved