Soal Dugaan Ijazah Palsu Oknum Caleg, Ketua LBH Mamasa Minta Saksi Kooperatif

Bawaslu Sulbar tengah mendalami kasus pemalsuan dokumen oleh Oknum Calon Legislatif DPRD Provinsi Dapil Kabupaten Mamasa.

Soal Dugaan Ijazah Palsu Oknum Caleg, Ketua LBH Mamasa Minta Saksi Kooperatif
TRIBUN TIMUR/SEMUEL MASAKARAENG
Ketua LBH Mamasa, Semuel 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat tengah mendalami kasus pemalsuan dokumen oleh Oknum Calon Legislatif DPRD Provinsi Dapil Kabupaten Mamasa.

Dokumen yang dimaksud yaitu surat keterangan pengganti ijazah yang digunakan Oknum Caleg, pada tahap seleksi pendaftaran Calon Legislatif.

Upaya mendalami kasus ini, Bawaslu Sulbar telah memeriksa beberapa saksi yang berkenaan dengan dokumen yang dipalsukan itu.

Baca: Bawaslu Sulbar Dalami Soal Dugaan Caleg Berijazah Palsu

Baca: VIDEO: Caleg Gunakan Ijazah Palsu, Bawaslu Sulbar Periksa Sekretaris Dinas Pendidikan Mamasa

Baca: Dugaan Kasus Penggunaan Ijazah Palsu Legislator Mamasa Terpilih Ramai Dibicarakan

Surat pengganti ijazah ini diduga dipalsukan oleh oknum Caleg bernama Sadrak T, berdasarkan keterangan Komisioner Bawaslu Sulbar Koordinator Divisi Bidang Penindakan Pelanggaran, Ansarullah A Lidda.

Adapaun sejumlah saksi yang sudah diperiksa Bawaslu Sulbar yaitu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sumarorong beserta dua orang stafnya.

Juga telah memeriksa Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa, Tutug Widodo dan Mantan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Petrus.

Pemeriksaan ini dilakukan Bawaslu Sulbar di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Mamasa secara tertutup pada Kamis (4/7/2019) malam.

Sebelumnya, kasus dugaan penggunaan ijazah ini dilaporkan Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mamasa, Semuel pada 24 Juni 2019.

Sehubungan dengan Laporan Penggunaan Ijasah palsu yang dilaporkan, Ketua LBH Mamasa Semuel, tetap tegas dan komitmen mengawal kasus ini sampai tuntas.

Bahkan ditegaskan, bagi semua pihak yang diajukan untuk diperiksa sebagai saksi supaya kooperatif dalam memberi keterangan.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved