Lembaga Adat Tunjuk Andi Ichsan Plt Raja Gowa

Putra mendiang Andi Maddusila ini akan menggantikan Andi Kumala Andi Idjo yang dinyatakan dicabut surat pelaksana tugasnya.

Lembaga Adat Tunjuk Andi Ichsan Plt Raja Gowa
Andi Ichsan Daeng Mattawang
Andi Ichsan Daeng Mattawang, ditunjuk sebagai Plt Raja Gowa ke-37 yang baru. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Lembaga adat Kerajaan Gowa menujuk plt Raja Gowa yang baru, sementara Andi Kumala Andi Idjo mengklaim masih sebagai Raja Gowa.

Lembaga Adat Kerajaan Gowa memutuskan menunjuk Andi Ichsan Daeng Mattawang sebagai Plt Raja Gowa ke-37.

Masamba Diguyur Hujan Pagi Ini, Berikut Prakiraan Cuaca Luwu Utara Hari Ini

Awal Mula Pernikahan Sedarah Terbongkar Padahal HE Sudah Dilamar Pria Itu Masih Muda & Sekolah

Putra mendiang Andi Maddusila ini akan menggantikan Andi Kumala Andi Idjo yang dinyatakan dicabut surat pelaksana tugasnya.

Juru Bicara Kerajaan Andi Hasanuddin Karaengta Tumailalang mengatakan keputusan itu merupakan buntut pencabutan laporan perusakan Balla Lompoa.

Menurutnya, Andi Kumala Andi Idjo tidak bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya. Andi Kumala juga dinilai tidak memiliki rasa kepedulian kepada masyarakat adat ataupun perangkat adat.

"Padahal masyarakat adat selama ini berjuang menjaga harkat dan martabat kerajaan," kata Hasanuddin kepada Tribun, Kamis (4/7/2019).

Hasanuddin melanjutkan, pengangkatan ini ditunjuk oleh Gallarang dan Batesalapang berdasarkan konstitusi Lembaga Adat Kerajaan serta lontara bilang.

Ia mengklaim, pengangkatan plt ini ini dianggap sah meski tidak direstui oleh Dewan Hadat Tinggi Andi Makmum Bau Tayang.

"Jadi pengangkatan Andi Ichsan sesuai lontara bilang yang bunyinya 'Punna miyomo Gallarrang Tombolo, Gallarang Mangasa dan Saumata, iya mintu," bebernya.

Andi Kumala Sebut Dirinya Masih Raja Gowa

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved