Ini Tanggapan Ketua DPC Gerindra Gowa Soal Gugatan Calegnya

Andi Tenri Indah mengatakan, DPC Gerindra memberi kesempatan kepada semua kader yang merasa tidak puas dengan hasil

Ini Tanggapan Ketua DPC Gerindra Gowa Soal Gugatan Calegnya
ari maryadi/tribungowa.com
Ketua DPC Gerindra Gowa, Andi Tenri Indah. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Gowa, Andi Tenri Indah menghormati langkah pengajuan gugatan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan tersebut diajukan oleh caleg Partai Gerindra, Ria Efendy, atas dugaan pengurangan jumlah suara pada dua TPS di Dapil VI Gowa.

Andi Tenri Indah mengatakan, DPC Gerindra memberi kesempatan kepada semua kader yang merasa tidak puas dengan hasil pemilu untuk menempuh jalur hukum.

"Kita persilahkan menempuh jalur hukum sesuai aturan pemilu dan perundang-undangan yang berlaku," kata Indah ketika dikonfirmasi Tribun, Jumat (5/7/2019).

Menurut Indah, DPC Gerindra menyerahkan kepada Mahkamah Konstitusi untuk menindaklanjuti gugatan tersebut serta memberikan keadilan bagi pemohon serta termohon.

"Hasil kita serahkan kepada MK untuk memberi keadilan sesuai pandangan hukum yang berlaku," imbuhnya.

Diketahui, caleg Gerindra Ria Efendy mengklaim, jumlah suaranya mengalami pengurangan pada dua tempat pemungutan suara (TPS) Desa Tanah Bangkala, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa.

Menurutnya, pengurangan tersebut berjumlah 17 suara pada TPS 5 dan TPS 6.

"Jadi saya mengajukan gugatan didasari pengakuan masyarakat yang mempertanyakan hasil pencoblosannya. Dari pengakuan mereka, ada perbedaan dengan hasil rekap suara," kata Ria kepada Tribun, Rabu (3/7/2019) lalu.

Ria menuturkan, sebanyak 51 masyarakat di dua TPS tersebut menyatakan diri telah memilih dirinya. Akan tetapi, jumlah suara di TPS hanya berjumlah 34 suara. Oleh karena itu, diri merasa kehilangan suaranya sebanyak 17 suara.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved