Desa Kahayya Bulukumba Dirancang jadi Lokasi Pariwisata Berbasis Inklusif

Desa ini memiliki potensi alam yang sangat berpeluang untuk dikembangkan sebagai tempat wisata alam di Kabupaten Bulukumba

Desa Kahayya Bulukumba Dirancang jadi Lokasi Pariwisata Berbasis Inklusif
firki/tribunbulukumba.com
Wabup Bulukumba Tomy Satria Yulianto, saat menghadiri Workshop Kajian Wisata Alam Kahayya di Ruang Pola Kantor Bupati, belum lama ini. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, KINDANG - Desa Kahayya di Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, merupakan salah satu desa yang berada di wilayah perbukitan kaki Gunung Lompobattang.

Desa ini memiliki potensi alam yang sangat berpeluang untuk dikembangkan sebagai tempat wisata alam di Kabupaten Bulukumba.

Potensi yang ditawarkan oleh Desa Kahayya karena di wilayahnya memiliki air terjun Gamaccaya, Danau Lurrayya, Puncak Donggia dan Tabbuakkang.

Selain itu ada kebun kopi, air panas, sungai, serta wisata research, untuk potensi flora dan fauna yang berada di hutan lindung.

Curi Tas Pemain Basket di Unhas, Pria Asal Sungai Saddang Makassar Dibekuk Polisi

Penemuan Bayi di Kebun Bikin Geger Warga, Diduga Dibuang Orangtua

Atas potensi tersebut, melalui Program Peduli, Sulawesi Community Foundation (SCF) yang bekerjasama dengan Pemkab Bulukumba, menyusun dokumen Desain Perencanaan Wisata Alam Desa Kahayya.

Hal itu berbasis inklusif yang dilakukan sejak Januari - April 2019.

Menurut Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, wisata alam berbasis inklusif yang didorong di Desa Kahayya, menjadi salah satu varian wisata lain.

Itu berbeda dengan pengembangan wisata di Kabupaten Bulukumba, yang selama ini dikapitalisasi oleh privat sector seperti pembangunan hotel dan resort di tempat wisata.

"Kita juga ingin mendorong pariwisata berbasis masyarakat, dimana geliat-geliat pariwisata itu dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat yang menjadi pelaku wisata di wilayah itu," kata Tomy dalam rilisnya, Jumat (5/7/2019).

Sebelum aksesibilitas ke Kahayya semakin baik, maka spasial planning terhadap wisata alam Kahayya harus dibuat dan ditetapkan.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved